Senin, 29 Juli 2019

Taiwan Summer Camp 2019 I-Shou University

News & Events

Libur semester kali ini menjadi liburan yang berbeda dari sebelumnya. Kali ini, kami berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Summer Camp yang diselenggarakan oleh I-Shou University di Kaohsiung, Taiwan.  Taiwan? Wah! Mendengar namanya saja sudah membuat kami bersemangat. Diberikan kesempatan untuk menjelajahi negara yang sering kali disebut “Formosa” ini tentunya merupakan sesuatu yang tidak boleh kami lewatkan.

Tanggal 2 July 2019, 10 orang mahasiswa didampingi oleh satu orang dosen dan satu orang asisten Global Relation Office (GRO) berangkat menuju Kaohsiung, Taiwan. Sesampainya di Taiwan, kami dijemput oleh dua orang mahasiswa Taiwan yang menjadi pembimbing kami selama di Taiwan.
Sepuluh hari di Taiwan menjadi sepuluh hari yang tidak dapat kami lupakan. Banyak sekali hal-hal baru yang kami pelajari di sana. Kami belajar Bahasa Mandarin, membuat gelang tradisional, budaya-budaya Taiwan, menulis kaligrafi, dan tentunya yang tak kalah asik, kami belajar mengenai seni teh, yaitu bagaimana cara berkomunikasi dan mengapresiasi teh. Unik bukan?

Waktu-waktu luang kami dihabiskan dengan menjelajahi berbagai tempat-tempat wisata di Kaoshiung, Taiwan. Dimulai dari Fo Guang Shan Buddha Museum dengan patung Buddha-nya yang sangat besar, Cijin Beach dan Rainbow Church pantai dengan spot-spot foto yang menarik dan kami dapat mengendarai becak listrik mengelilingi pantai, Pier 2 Art Center dengan berbagai jenis kios-kios yang menjual barang bernilai seni dan unik, serta yang terakhir namun tak kalah keren ialah The Dragon and Tiger Pagodas yang dipenuhi dengan indahnya kolam lotus yang mengelilingi pagoda-pagoda tersebut.
Disamping itu, hal lain yang tidak bisa kami lupakan tentunya ialah kulinernya. Kaohsiung sangat terkenal dengan pasar malamnya. Disana kami bisa menemukan berbagai jenis jajanan unik dengan harga yang sangat terjangkau. Ada juga jajanan-jajanan khas yang tidak boleh kami lewati, seperti Chou to fu, tahu yang memiliki bau cukup tajam namun sangat lezat, tan ping, yaitu sejenis prata yang dilapisi dengan telur, dan tentunya ada juga minuman yang sangat populer di Taiwan, yaitu Xin Fu Tang dengan pepaduan susu segar, boba, dan brown sugar yang membuat rasa dan aromanya benar-benar nikmat.

Sangat banyak pengalaman-pengalaman luar biasa yang kami dapati selama di Taiwan. Orang-orang Taiwan yang ramah tentunya juga berkontribusi besar dalam membuat hari-hari kami selama di Taiwan jadi menyenangkan. Sepuluh hari terasa sangat singkat. Tentunya, Summer Camp ini akan menjadi salah satu memori yang tidak akan pernah kami lupakan.