Berita Populer

46 Tahun Bersama Untuk Melayani

Tak terasa waktu berlalu dengan cepat, berbagai suka dan duka telah dilewati bersama selama 46 tahun TSM hadir dalam pelayanan pendidikan. Seiring berjalannya waktu, TSM terus berkembang secara dinamis dengan menciptakan inovasi-inovasi baru untuk memberikan layanan terbaik kepada para pelanggannya. Sebagai bentuk pengabdiannya dalam memberikan layanan terbaik, TSM mengadakan sharing session dengan mengangkat salah satu tema kecil yaitu “Service Excellent”. Acara tersebut diselenggarakan melalui platform zoom dan dihadiri oleh 83 peserta yang merupakan karyawan TSM baik dari kalangan dosen maupun tenaga kependidikan. Materi dalam sharing session ini dibawakan oleh Bapak Beny, S.E., M.B.A., RSA., CRP selama kurang lebih 1 jam.

Sebelum memasuki acara inti, Bapak Arya Pradipta, S.E., Ak., M.E., CA., selaku pimpinan TSM menyampaikan sepatah kata dalam sambutannya. Beliau juga mengingatkan untuk tetap menerapkan 3M, menjaga jarak, memakai masker dan tidak berpergian ke tempat yang memiliki ventilasi buruk. Setelah sambutan tersebut, moderator langsung memberikan kesempatan kepada pembicara untuk memaparkan materinya.

Materi dipaparkan secara padat dan sistematis dengan mengupas akar-akar materinya secara perlahan untuk memudahkan para partisipan dalam menyimak pembelajaran tersebut. Sebagai awal dari pembahasan materi, pembicara menyampaikan persentase yang diperoleh dari hasil survei yang menunjukkan beberapa penyebab dari hilangnya pelanggan. Berdasarkan presentase tersebut, penyumbang persentase terbesar hilangnya pelanggan ternyata disebabkan oleh pelayanan yang mengecewakan.

“Sebenarnya bukan karena ngga puas, tetapi yang paling signifikan adalah karena pelayanan yang tidak memuaskan dan akhirnya pelanggan tidak mau belanja di tempat kita, “jelasnya. Sebagai kelanjutan materi tersebut, beliau menjabarkan adanya efek domino yang ditimbulkan dengan memberikan excellent services yang mana pada akhirnya menyangkut kepuasan keluarga.

Tidak dapat dipungkiri sebagai seorang penyedia layanan sering dihadapkan dengan tipe-tipe customer yang sulit. Tipe-tipe customer yang sulit ini dibagi menjadi beberapa kategori yaitu, angry customer, dissatisfied customer, indecisive customer, demanding customer, dan talkactive customer yang memiliki gayanya masing-masing. Untuk mengatasi customer yang sulit tersebut dibutuhkan sikap positif, persiapan, dan keinginan tulus untuk membantu orang lain.

“Kalau kita punya 3 hal ini, kita bisa menghadapi tipe-tipe mahasiswa yang ada di kampus. Tunjukan sikap positif untuk melayani mereka dan ingat kalau customer itu adalah aset yang akan berdampak pada diri kita. Kita juga harus punya strategi dalam menghadapi customer dan kalau kita memiliki hasrat untuk membantu orang lain, mau bagaimana pun tipe-tipe mahasiswa tersebut pasti tidak menjadi masalah, saya yakin kita tetap bisa memberikan layanan optimal kepada mereka,”ujar pembicara dalam memberikan tips ketika mengatasi customer yang sulit.

Setelah sharing session berakhir, acara dilanjutkan dengan pembagian Doorprize berupa saldo OVO sebesar Rp 150.000 untuk 3 orang pemenang yang beruntung. Pembagian Doorprize berlangsung dengan sangat seru karena para partisipan berlomba untuk menjawab pertanyaan yang diajukan langsung oleh pembicara. Namun, khusus untuk Doorprize pertama, pemenang langsung dipilih oleh pembicara sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Sebelum acara ditutup, adapun penyerahan sertifikat sebagai bentuk apresiasi yang diwakilkan oleh Ibu Stella, S.E., M.M. selaku Wakil Ketua II kepada Bapak Beny, S.E., M.B.A., RSA., CRP. selaku pembicara dalam sharing session kali ini.

Semoga dengan diadakannya sharing session ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh partisipan, sehingga dapat mengimplementasikan Service excellent kepada mahasiswa TSM.