Berita Populer

Analisis Saham? TSM Jagonya!

Sungguh luar biasa! Tagline kampus juara terus bersorak ria di tengah sengitnya kompetisi nasional. Mahasiswa-mahasiswi TSM yang enggan menyia-nyiakan bangku kejuaraan, selalu bersikeras untuk menunjukkan performa terbaiknya dalam mengejar puncak kejayaan. Hal inilah yang kerap dilakukan oleh Tim GalVest TSM sebagai partisipan dalam UNNES Capital Market Competition 2021 (UMCM 2021) yang diselenggarakan oleh KSPM UNNES Stock Exchange Study Forum (Unssaf) Universitas Negeri Semarang. Seperti namanya, kompetisi ini menguji kemampuan analisis saham yang dikemas dengan tingkat kompleksitas tertentu. Untungnya, hal tersebut sudah menjadi makanan sehari-hari tim Galvest TSM, sehingga mereka mampu bersaing gesit di antara 42 tim yang berasal dari universitas ternama, 

Tim GalVest yang berpacu dalam UMCM 2021 terdiri dari Surya Syafello, Chistopher Samsuki, dan Savannah Putriquitha. Sebelum beraksi, tim tersebut tentunya melakukan berbagai persiapan, mulai dari persiapan mental dengan membangun semangat dan komitmen tim, serta menyisihkan waktu untuk berkompetisi. Kompetisi ini memiliki timeline perlombaan yang cukup padat. Diawali dengan pembuatan research paper mengenai saham yang telah ditentukan saat Technical Meeting. Melalui research paper tersebut, di seleksi 10 tim terbaik untuk lanjut ke tahap final. Uniknya, tahap final ini terdiri dari berbagai rangkaian kompetisi. Pertama, partisipan membuat video Study Case yang telah diundi, kemudian berlomba dalam Lucky Test dengan menjawab secara cepat dan tepat mengenai pengetahuan seputar pasar modal. Terakhir, dilanjutkan dengan Beauty Contest yang mewajibkan setiap tim untuk mempresentasikan hasil paper mereka dengan sesi tanya jawab oleh penguji.

Beribu liku telah terlewati. Akhirnya Tim GalVest dengan bangga mempersembahkan piala penghargaan yang menobatkan posisinya sebagai 1st Runner UP dalam kompetisi ini. Selain itu, mereka juga berhak memperoleh uang tunai, serta beberapa merchandise lainnya atas hasil kerja keras tersebut. Untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa-mahasiswi TSM, tim GalVest juga membagikan sedikit cerita mengenai pengalaman yang mereka dapatkan. “Setelah memenangkan lomba, tentunya ada rasa bangga dan senang karena bisa memenangkan lomba yang bisa dikatakan cukup bergengsi dalam pasar modal (mengingat UCMC juga merupakan lomba berskala nasional) dan membawa nama TSM sampai juara. Selain itu, kami tentunya juga senang dikarenakan kerja keras yang kami tuangkan selama 2 bulan lomba akhirnya berbuah manis dan tidak terbuang sia-sia,” ujar Tim GalVest.