Berita Populer

Apa Itu PK2MB? Singkatan yang Ramai Diperbincangkan oleh Para Mahasiswa Baru

Tidak terasa, liburan semester sudah berakhir dan disambut dengan tahun ajaran baru di dunia perkuliahan. Pada tahun ajaran ganjil ini, seperti biasanya, setiap perguruan tinggi akan menyambut para mahasiswa baru atau yang biasa disingkat sebagai ‘maba’. Nah, poin penting yang sering dibicarakan oleh para maba di dunia perkuliahan adalah PK2MB. PK2MB yang merupakan singkatan dari Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru adalah kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara terpadu oleh institusi perguruan tinggi dalam rangka memperkenalkan kepada mahasiswa baru mengenai perguruan tinggi sebagai institusi ilmiah dan masyarakat ilmiah yang memiliki ciri dan cara yang khas dalam pengelolaannya.

Di sini, PK2MB mengambil poin yang sangat penting untuk para maba. Pengenalan kehidupan kampus kepada maba merupakan salah satu bentuk kegiatan yang membantu mereka agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya pada kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan. Selain itu, kegiatan PK2MB dilakukan bukan hanya sekadar memikirkan formalitas saja, lho! Pihak kampus terutama Trisakti School of Management (TSM) melaksanakan kegiatan ini berdasarkan beberapa landasan yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya ketidaksesuaian rangkaian kegiatan dengan aturan yang berlaku.

PK2MB di TSM dilaksanakan pada tanggal 15-16 Agustus 2022, tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Dalam dua hari tersebut, kegiatan akan memuat banyak hal seru di dalamnya mengenai perkenalan kampus TSM. Kegiatan PK2MB di TSM sendiri berisikan pemberian materi, pengarahan, dan aktivitas bagi mahasiswa baru. PK2MB hari ke-1, berisikan berbagai kegiatan yang dimulai dari pengenalan TSM itu sendiri kepada para mahasiswa baru, dilanjutkan dengan sambutan dari Pak Arya Pradipta, S.E., Ak., M.E., CA selaku Ketua dari STIE Trisakti, sambutan dari Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti, doa pembuka, dan perkenalan Pimpinan dan Pejabat Struktural.

Setelah pembukaan, acara PK2MB dilanjutkan dengan sosialisasi PPKS atau Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual. Setelah itu adalah pemaparan mengenai nilai-nilai yang dijunjung oleh TSM atau yang biasa dikenal sebagai D’ETHIC yaitu Discipline, Excellence, Tolerance, Humanity, Integrity, dan Competence. Tidak hanya itu, TSM juga memberikan talkshow singkat dan sharing dari tim ASSETS, yaitu tim yang nantinya akan membantu para mahasiswa baru selama 1 semester perkuliahan pertama. Tidak lupa, TSM juga menyediakan paparan materi bimbingan akademik, sertifikasi, dan sosialisasi International Classs yang dimana diharapkan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan garis besar dari sistem perkuliahan yang akan mereka jalani selama kurang lebih 4 tahun ke depan.

Selepas dari banyaknya pemaparan materi, acara PK2MB diakhiri oleh kegiatan kerohanian. Para mahasiswa baru dipisahkan ke dalam beberapa breakout room sesuai dengan kepercayaan yang mereka imani masing-masing. Kegiatan kerohanian ini tidak lain dan tidak bukan terdiri dari Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI), Unit Kegiatan Kerohanian Buddha (UKKB), Unit Kegiatan Kerohanian Katholik (UKKA), dan Unit Kegiatan Kerohanian Kristen (UKKR). Di tiap breakout room itulah nantinya para mahasiswa baru akan diberikan gambaran kegiatan keagamaan yang akan mereka jalani selama berada di lingkungan TSM.

PK2MB hari ke-2 diisi kemeriahan yang tak tergantikan. Bertempat pada lantai 2 dan lantai 8 kampus Grogol, serta lantai 4 kampus Bekasi, diadakannya kegiatan ini secara offline karena situasi pandemi yang mulai reda sangat melekat di benak para peserta. Kami yang duduk di bangku depan dapat mendengar gemuruh dari keinginan belajar meski acara dimulai sejak pagi, tepatnya 06.30 WIB. Selepas diisi dengan sambutan dari Badan Perwakilan Mahasiswa, Senat Mahasiswa, serta Ketua Pelaksana PK2MB, acara resmi dimulai.

Di hari ke-2 ini, hal yang menjadi topik utama adalah penampilan dari masing-masing organisasi dan UKM yang bertempat di Trisakti School of Management. Sampai pukul 08.30 WIB, mahasiswa baru diperkenalkan dengan instansi BPM serta SEMA, berikut para anggota dan program kerjanya. Mereka mempromosikan kegiatan yang sudah diadakan seperti mengundang Ambassador TSM, serta konser Revolution yang hanya tinggal menghitung hari.

Selanjutnya, para perwakilan dari tiap UKM menampilkan ciri khas mereka melalui acara yang diadakan serentak pada tiga ruangan ini. Mulai dari penampilan tari X-Clue, Trisamantrada, hingga sesi games interaktif dari T-Sound Radio, seluruhnya disimak secara aktif oleh para mahasiswa. Setelahnya, diadakan games berkelompok yang sangat mendebarkan sebagai waktu transisi dari UKM ke organisasi. Ruangan bersemangat, dan suara bolak-balik kertas dari Newsletter TSM merangkum keinginan tiap mahasiswa untuk menang. Terakhir, dilanjutkan dengan sesi presentasi dari organisasi independen seperti Galvest, EDC, dan lainnya.

Akhir kata semoga dengan adanya kegiatan PK2MB ini, para maba dapat melihat dan mendapatkan wawasan secara luas mengenai lingkungan kampus kita tercinta, TSM. Selamat datang para mahasiswa baru angkatan 2022! Jangan lelah untuk meraih mimpimu dan wujudkan angan-anganmu bersama TSM!