Berita Populer

Asah Kemampuan Berbahasa Inggrismu di ZigZag English Club!

Apa kalian pernah merasakan FOMO? Yup, Fear of Missing Out. Biasanya, keadaan ini muncul saat kamu melihat orang lain yang memiliki kualifikasi yang beragam serta terlihat sangat aktif. Terlihat sangat sulit dan melelahkan, tetapi tetap saja membanggakan. Kamu mulai berpikir, “Aku mulai dari mana, ya?” Padahal, sebagai mahasiswa Trisakti School of Management, kamu tidak perlu menoleh jauh-jauh dari belasan unit kegiatan yang ada. Salah satunya adalah bahasa yang paling dianggap berguna serta keren, yakni bahasa Inggris!

ZigZag English Club adalah salah satu UKM di TSM yang secara khusus bergerak dalam bidang bahasa Inggris. ZigZag juga merupakan UKM terlama sekaligus terawet yang pernah ada di TSM. UKM ini pertama kali didirikan oleh kakak tingkat angkatan 2020. Nama ZigZag sendiri asal usulnya dibuat karena ada salah satu dosen native di TSM bernama Sir Zag/Zack/Zach.

ZigZag secara aktif mengadakan kompetisi baik untuk internal dan juga eksternal, yang pastinya menjadi alasan mengapa ZigZag menjadi salah satu UKM favorit untuk dibarengi dengan organisasi. ZigZag juga sering membantu para mahasiswa/i untuk belajar bahasa Inggris melalui SIC & Routine Activities dan pemaparan materi sebelum UTS & UAS. Ini dilakukan dengan berbagai macam wujud juga, lho. Contohnya adalah webinar. Sama seperti webinar pada umumnya, hanya saja lebih terfokus pada topik yang menunjukkan pentingnya bahasa Inggris melalui sesi interaktif seperti games dan tanya jawab.

Coffee Talk, salah satu program kerja ZigZag yang lain, masih merupakan sejenis tetapi dengan kapasitas peserta yang lebih sedikit karena menjurus ke diskusi kelompok. Coffee Talk biasanya dilaksanakan dengan tema ‘Bahasa Inggris itu Penting’, dan dibuka untuk peserta internal maupun eksternal. Selain itu, program kerja besar yang bertajuk “ZEST” merupakan turnamen bahasa Inggris dengan banyak cabang lomba (Scrabble, Debate, Storytelling, & Short Story Writing). Dari tahun ke tahun, ZEST ini sangat diminati mahasiswa/i di Indonesia, bahkan siswa/i SMA/sederajat.

Untuk rutinitas sendiri, ZigZag memiliki apa yang disebut sebagai routine activities untuk membantu peserta memahami bahasa Inggris secara tidak membosankan. Misalnya movie time, yaitu kegiatan menonton film bahasa Inggris bersama; interactive instastory, yakni program bermain sambal menambah pengetahuan bahasa Inggris, dan banyak lagi!

Tak hanya mendukung prestasi orang lain, ZigZag juga aktif memberikan perwakilan bagi TSM untuk ikut serta dalam berbagai kompetisi tingkat nasional, bahkan internasional. Cabang lomba yang pernah diikuti ZigZag ada banyak, dimulai dari Scrabble, Debate, Storytelling, Short Story Writing, dan masih banyak lagi. ZigZag banyak berkolaborasi dengan pihak eksternal untuk menunjang pencapaiannya, salah satunya adalah dengan Britzone. UKM ini juga memiliki koneksi yang luas dengan berbagai klub bahasa Inggris di kampus-kampus yang ada di Indonesia.

Untuk satu tahun ke depan, sebut Jeanny selaku Ketua ZigZag, tidak ada perubahan program kerja, tetapi akan ada penambahan program kerja seperti Caring Space dan Escape Room. Bagi teman-teman maba yang ingin mengikuti open recruitment anggota nantinya, ia memesankan agar mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan minat, memperhatikan deadline, selalu update mengenai informasi rekrutmen, dan menjadi diri sendiri.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gabung dengan ZigZag!