Berita Populer

Bangkitkan Minat Wirausaha Sejak di Bangku Sekolah

Setelah dua sesi Abdimas yang telah berlangsung di SMA Muhamadiyah 25 Pamulang pada tanggal 25 Januari 2021 dan 15 Februari 2021, Trisakti School of Management kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 18 Februari 2021 yang sekaligus menjadi sesi terakhir dari rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Muhamadiyah 25 Pamulang. Peserta yang terlibat dalam kegiatann abdimas kali ini merupakan siswa/i kelas 11, yang sebelumnya telah mengikuti kegiatan Abdimas pada sesi pertama dan kedua. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala sekolah beserta para Guru SMA Muhamadiyah 25 Pamulang.

Melanjutkan pembahasan seputar dunia bisnis, “Lean Business Model Canvas” menjadi tema yang diusung pada sesi kali ini. Kegiatan Abdimas ini melibatkan enam dosen TSM sebagai narasumber yang terdiri dari Bapak Dr. Klemens Wedanaji P., S.E., M.M., (Ketua Tim), Bapak Dr. Maris Agung Triandewo, S.E., M.A., Bapak Umar Issa Zubaidi, SE.Ak., M.Ak., CA., Ibu Denta Felli Ananda, S.E., M.B.A., Ibu Widyawati Lekok, S.E., M.M., dan Ibu Irma Satya Indriyanti., S.E., M.M. Para narasumber memberikan penjelasan tentang bagaimana implementasi dari Lean Business Model Canvas dapat membantu para peserta untuk membangun sebuah bisnis baru melalui model berbentuk kanvas yang terdiri dari sembilan kotak yang saling berkaitan, mulai dari kotak Problem, Customer Segment, Unique Value Proposition, Solution, Unfair Advantage, Revenue Streams, Cost Structure, Key Metrics dan Channels. Pada pemaparan berikutnya, narasumber menerangkan dan memberikan contoh nyata penerapan Lean Business Model Canvas pada sebuah usaha. Penjelasan dan pemberian contoh ini tentu saja sangat membantu para peserta untuk menemukan peluang dalam membuat sebuah bisnis, terlebih lagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini di tengah keterbatasan yang ada.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah 25 Pamulang Ibu Hj. Zesmita Umar, S.H., mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Trisakti School of Management, khususnya kepada Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) TSM serta Tim Abdimas TSM yang telah melakukan rangkaian Abdimas bertema “Kewirausahaan”, yang tentunya dapat memotivasi, membantu, dan memberikan bekal bagi siswa/i dalam membangun sebuah usaha atau bisnis. Diharapkan nantinya para peserta dapat memulai merintis bisnis baru, sehingga kelak di kelas 12, mereka sudah dapat mengembangkan bisnisnya. Sebelum menutup sambutannya, Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah 25 Pamulang menyampaikan harapannya kepada Ketua P3M untuk dapat memberikan pendampingan kepada siswa/i SMA Muhamadiyah 25 Pamulang yang memulai membangun sebuah bisnis setelah kegiatan abdimas ini selesai dilaksanakan, sehingga siswa/i SMA Muhamadiyah 25 Pamulang dapat bersemangat dan mampu mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

Sebelum menutup acara, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Trisakti School of Management Ibu Aan Marlinah, S.E., M.Ak. menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan Abdimas ini, terlebih kepada pihak SMA Muhamadiyah 25 Pamulang yang telah memberikan waktu dan tempatnya kepada Tim Abdimas, serta berharap semoga kerja sama antara TSM dan SMA Muhamadiyah 25 Pamulang dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat terus terjalin agar pada tahun berikutnya dapat diadakan kembali rangkaian Abdimas Kewirausahaan bagi siswa/i kelas 11 untuk menumbuhkan minat untuk berwirausaha, serta melakukan pendampingan bagi siswa/i yang telah memiliki bisnis setelah mengikuti rangkaian Abdimas kewirausahaan pada sesi kali ini.

Menanggapi harapan dari Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah 25 Pamulang, Bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M. selaku Sekretaris P3M TSM menjelaskan rencana kegiatan berikutnya, dimana akan dilakukan pendataan seluruh peserta yang tertarik untuk membangun sebuah bisnis setelah kegiatan Abdimas ini selesai. Berdasarkan data jumlah siswa/i yang sudah merintis bisnis tersebut, akan dibuatkan program-program pelatihan lainnya guna mendampingi siswa/i yang telah memiliki bisnis tersebut, sehingga para entrepreneur baru ini dapat mengembangkan bisnisnya dengan baik. Dalam hal ini, akan dibantu oleh Wakil Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah 25 Pamulang, Bapak Puji. Nantinya seluruh peserta yang akhirnya terjun di dunia bisnis hasil dari kegiatan Abdimas Kewirausahaan TSM ini, baik dari SMA Muhamadiyah 25 Pamulang maupun dari SMA yang lainnya, akan dimasukan ke dalam database P3M, dan akan dibuatkan sebuah wadah atau media agar memudahkan interaksi, baik antar wirausahawan maupun dengan konsumen, dan juga dengan program-program pelatihan yang diberikan oleh TSM melalui kegiatan Abdimas Kewirausahaan.

Semoga Program Abdimas Kewirausahaan ini dapat melahirkan banyak wirausahawan-wirausahawan muda dari bangku sekolah. Hal ini tentunya akan menjadi tolak ukur keberhasilan atas sumbangsih dan komitmen Trisakti School of Management dalam mendukung program pemerintah untuk menumbuhkan dan mengembangkan wirausahawan-wirausahawan muda di Indonesia.