Berita Populer

Bekal Memperoleh Karir Cemerlang di Masa Depan

Sebagai seorang mahasiswa tentunya sering dilanda rasa khawatir yang cukup tinggi mengenai kelanjutan karir di masa depan. Kekhawatiran ini muncul ketika melihat kenyataan dalam dunia kerja yang persaingannya sangat ketat. Tidak dapat dipungkiri bahwa semua orang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik agar dapat memperoleh hal yang diinginkan dalam hidupnya. Lantas, sebagai seorang mahasiswa bekal apa yang harus dimiliki agar dapat memperoleh kesuksesan karir di masa depan? Dalam menjawab pertanyaan tersebut, Career Development Center (CDC) Trisakti School of Management mengadakan kolaborasi dengan Standard Chartered Bank untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa agar dapat mengemban kesuksesan karir di masa depan. Perbincangan dalam seminar ini mengangat tema tentang “Determine Your Career & Career Establishment” yang dibawakan langsung oleh 2 narasumber hebat yakni, Ibu Diana Mudadalam selaku Head of Corporate Affairs Standard Chartered, dan Ibu Dina Sagita Middin selaku Chief Financial Officer Standard Chartered. Seminar berlangsung secara online melalui Microsoft Teams dan diikuti oleh lebih dari 150 mahasiswa Trisakti School of Management dari berbagai jurusan berbeda.

Dalam seminar tersebut, Ibu Dina Sagita Middin memberikan pemaparan tentang pentingnya bagi seorang mahasiswa untuk mencari tahu informasi seputar lowongan pekerjaan. “Carilah informasi untuk mengetahui tentang perusahaan yang masih booming dan masih akan stay dalam kondisi seperti ini. Selain itu, cari juga company yang masih hiring atau membutuhkan fresh graduate. Sambil menunggu diterima dalam suatu company harus tetap produktif, misalnya dengan mempelajari bahasa asing, Public Relations, dan sebagainya. Pada intinya harus sabar menghadapi proses tersebut,” jelasnya.

Narasumber lainnya yaitu Ibu Diana Mudadalam juga membagikan kisahnya dalam beradaptasi dengan kondisi kerja di Standard Chartered Bank. “Hal yang paling penting adalah respect, ketika menjadi seorang management trainee tentu akan diberikan pembelajaran sedikit demi sedikit yang nantinya akan berguna dalam pekerjaan. Saat itu juga pastinya akan bertemu dengan senior-senior yang akan mengajarkan hal tersebut. Oleh karena itu, kita harus respect dengan senior tersebut dan mengapresiasi waktu yang telah diberikan kepada kita. Dalam perusahaan juga terdapat culture yang baik dan buruk, kalau kita sudah tahu culture tersebut tidak baik jangan diikuti, “ ujar Ibu Diana.

Walaupun seminar ini diadakan secara online, nampaknya tidak mengurangi antusias peserta dalam menyimak materi yang disampaikan. Hal ini ditunjukan dengan kelincahannya dalam menggunakan fitur raise hand dalam sesi tanya jawab untuk mengajukan berbagai pertanyaan menarik seputar materi yang telah disampaikan.

Setelah sesi tanya jawab selesai, moderator memberikan kesempatan kepada narasumber untuk menyampaikan pesan-pesannya sebelum seminar diakhiri. Ibu Diana Mudadalam berpesan, “Jangan takut gagal, rajin bereksperimen, mau belajar dengan orang lain, dan harus adaptable siap menghadapi apapun yang ada dimanapun,” pesan penutup Ibu Diana Mudadalam kepada Mahasiswa. Selain itu, Ibu Dina Sagita Middin juga menambahkan bahwa, “Dalam memutuskan karir kita harus memiliki persiapan yang baik, harus banyak belajar, peka terhadap sekitar, dan jangan berpaku terhadap kegagalan”.

Seperti biasa, acara ditutup dengan sesi foto bersama sebagai bentuk dokumentasi. Semoga dengan diadakannya seminar ini dapat membantu mahasiswa dalam memberikan gambaran tentang hal yang harus dipersiapkan dalam memperoleh kesuksesan karir di masa depan.