Berita Populer

Berfikir Kritis sebagai Investor Milenial

Berbicara soal investasi pada tahun 2020, banyak sekali masyarakat yang berbondong-bondong mencoba peruntungannya di pasar modal dengan berinvestasi ketika pasar sedang upside trend sangat kuat. Tingkat pengembalian yang tinggi dan menggiurkan, membuat banyak influencer dan banyak pihak untuk memberikan keyakinan pada masyarakat untuk terjun ke dunia investasi terutama instrumen saham. Tentunya dikarenakan masifnya tingkat pertumbuhan investor di pasar modal dipicu bukan karena keinginan untuk belajar tetapi sebagian besar adalah dikarenakan takut kehilangan kesempatan (fear of missing out). Hal tersebut menjadi perhatian para regulator dan analis salah satunya disampaikan Bpk. Haryajid Ramelan pada Webinar yang diadakan oleh LPAM Trisakti School of Management dengan tema “Investment During the Pandemic Situation, How about the Risk? Is It Worth It?”

Di masa sulit karena krisis akibat pandemi covid-19 membuat banyak siklus yang dialami oleh bisnis dalam menjalankan operasionalnya dikarenakan dampak yang melanda di segala jenis tahapan bisnis mulai dari tahap atas, perusahaan menengah dan juga perusahaan dengan skala yang kecil. “Cari duit di masa sulit, banyak bandit yang pura-pura baik, padahal bisa menjepit kalian lho!” Ujar Pak Haryajid sebagai salah satu bentuk perhatian kepada masyarakat luas karena banyaknya pihak yang mencoba untuk berpura-pura ingin menawarkan keuntungan yang fantastis padahal berniat untuk menipu salah satunya melalui investasi bodong. Pada Webinar ini juga ditunjukan beberapa data statistik, tinjauan pasar di berbagai instrumen investasi dan juga proyeksi untuk beberapa tahun yang akan datang di berbagai instrumen investasi yang ada di Indonesia.

Investasi adalah tentang keputusan investor dalam memanfaatkan peluang dengan segala sumber daya yang dipunya seperti data statistik, manajemen keuangan dan lain sebagainya. Menjaga psikologi dan mental adalah salah satu syarat bagi investor dalam mengambil keputusan jangka panjang. Pemaparan materi yang komprehensif dengan disertai data statistik terbaru, dan juga penanaman pola pikir seorang investor beserta risiko investasi yang disampaikan oleh pembicara mewarnai keseluruhan webinar dengan sangat menarik. Diharapkan mahasiswa/i TSM yang berminat untuk terjun di pasar modal dapat memetik wawasan dari webinar ini untuk memperoleh bekal di masa yang akan datang.