Berita Populer

Berkenalan dengan Kesehatan Mental

Berada di dunia yang fana ini bukanlah suatu perkara mudah bagi setiap orang. Perubahan-perubahan yang silih berganti sering menimbulkan tekanan tersendiri bagi setiap insan dunia. Tak jarang, tekanan tersebut justru berhubungan langsung dengan kondisi kesehatan mental seseorang. Sebagai manusia, sudah sewajarnya kita lebih menyadari kondisi mental yang sedang kita alami. Untuk memperkenalkan kesehatan mental secara mendalam, bidang 3 Senat Mahasiswa mengadakan Mental Health Day yang mengangkat tema “Let’s Start from Now”. Webinar ini dibawakan oleh pembicara yang sudah ahli dalam bidangnya, yaitu Dr. Rayhan Maditra, Kak Sania Leonardo, dan Kak I Made Suri pandhu. Acara di mulai dengan berbagai kata sambutan yang disampaikan oleh Wakil Ketua III Trisakti School of Management, perwakilan anggota dari Badan Perwakilan Mahasiswa, serta ketua penyelenggara.

Sebagai permulaan materi, Dr. Rayhan Maditra menyampaikan secara singkat tentang makna sebenarnya dari kesehatan jiwa. “Sehat jiwa menjelaskan tentang kemampuan kita untuk memahami stressor di sekitar kita dan bagaimana kita bisa bekerja secara produktif, serta memberikan kontribusi ke komunitas kita,” jelasnya. Selain itu, beliau juga mengajak seluruh partisipan untuk berdialog dengan diri sendiri sambil merenungkan kondisi kesehatan mental saat ini. Pada kesempatan tersebut, Dr. Rayhan Maditra kerap menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat Indonesia yang semakin terbuka akan kesehatan mental. Menurutnya, di tahun 2021 pembicaraan tentang kesehatan mental menjadi lebih luas daripada 5 tahun lalu. Untuk menutup pembahasan materi, Dr Rayhan Maditra memberikan tips dalam mencegah gangguan kesehatan mental, salah satunya dengan menghargai diri sendiri. “Hargailah diri sendiri dan berbicara kepada internal kita. Terkadang kita menjalani hari hanya fokus terhadap eksternal dan sering kali lupa untuk berbicara dengan diri sendiri. Hal ini bertujuan agar kalian lebih memahami emosi diri sendiri,” pesannya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sharing pengalaman dari Kak Sania Leonardo selaku penderita bipolar depressive. Dalam sharing tersebut, Kak Sania menceritakan awal dirinya menyadari penyakit yang diderita. “Jadi awalnya udah merasakan dari kecil memiliki emosi yang berubah, mengalami panic attact dan juga hypersleeping. Kemudian aku merasakan ada sesuatu yang berbeda sama diri aku, There’s something wrong with me,” jelasnya.  Tak hanya Kak Sania yang angkat bicara tentang kondisi kesehatan mentalnya, Kak I Made Suri Pandhu selaku penderita Anxiety Disorder juga membagikan kisahnya. Uniknya, Kak I Made Suri Pandhu bertemu dengan Anxiety Disorder setelah mengetahui dirinya telah ditolak dari SBMPTN. Berawal dari penyakit tersebut, ia tergerak untuk membuat platform yang mengumpulkan seni-seni dari rasa kegelisahan seseorang yang dinamakannya “Kegelisahan Art”.

Setelah sharing pengalaman usai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada 3 narasumber tersebut. Sesi tanya jawab berlangsung dengan sangat interaktif, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan beragam dari yang termudah hingga tersulit. Selanjutnya, acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

Mental Health Day telah memberikan banyak sekali pengetahuan baru bagi seluruh pendengarnya. Semoga dengan diadakannya acara ini, mahasiswa/I TSM bisa lebih aware terhadap kesehatan mental dan menyebarkan edukasi tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia. Akhir kata, sampai jumpa dalam webinar berikutnya!