Berita Populer

Career Talk: Temukan Potensi, Hasilkan Prestasi!

Apakah kita sudah memiliki rencana yang akan dilakukan setelah lulus? Apakah kita sudah mengenal diri kita dengan baik? Apakah ini merupakan pekerjaan yang tepat untuk kita? Pertanyaan inilah yang dilontarkan pertama kali oleh Bapak Ilham Anggi Putra yang merupakan Human Capital – Recruitment Analyst PT United Tractor, Tbk selaku narasumber dalam Career Talk yang diselenggarakan oleh Career Development Center TSM pada tanggal 21 Mei 2021.

Seperti biasa, kegiatan ini dibuka dengan kata pembuka dari MC, yaitu Bapak Arton Briyan Prasetyo, S.M. dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari koordinator CDC TSM, Ibu Annisa Kanti, S.E., M.Ak., RSA. “Semoga ilmu yang diberikan oleh Pak Ilham hari ini bermanfaat bagi teman-teman semua dan juga jangan lupa untuk improve skill kalian selagi kalian masih belajar dari rumah,” tutur Ibu Annisa.

Sebelum memasuki pembahasan, Pak Ilham menayangkan video Company Profile United Tractor untuk memperkenalkan United Tractor secara sekilas kepada partisipan. Setelah itu, narasumber meminta para partisipan untuk berpartisipasi dalam quiz singkat mentimeter yang berisikan pilihan rencana kerja setelah lulus sebagai refleksi pembuka sebelum pengenalan diri yang lebih lanjut.

Dalam Career Talk kali ini, narasumber mengajak para peserta untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu potensi diri, dimana dalam mengetahui potensi diri, terdapat beberapa terms psikologis yang harus kita sadari, diantaranya self-awareness, self-concept, ideal self. Pak Ilham juga menyampaikan rumus dari potensi tersebut, yakni “Potensi dikali upaya sama dengan keterampilan, dan keterampilan dikali upaya sama dengan prestasi.” Berawal dari mengenal diri dalam proses start, dilanjutkan dengan berupaya, dan berakhir dengan goal. Dalam mencapai goal ini, narasumber juga memberikan tips untuk membuat goal setting dengan konsep SMART (Specific, Measurable, Acceptable, Realistic, serta Time Bound).

Setelah mendengarkan materi yang sangat menarik dari narasumber, sampailah kita kepada sesi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab ini, salah satu pertanyaan yang dilontarkan adalah “Dalam karir itu, lebih baik menjadi orang yang generalis yang bisa mengerjakan banyak hal namun tidak mendalam, atau menjadi orang yang spesialis yang hanya bisa satu hal namun mendalam?” Sebagai jawaban, narasumber menyampaikan “Ini akan tergantung kepada bentuk atau tuntutan company, hal ini berpengaruh pada jenjang karier. Ada company yang tuntutannya membuat kita menjadi generalis, sehingga bisa dipindahkan kemana saja bisa. Ada company yang sangat menerapkannya by function. Jadi kalau teman-teman mencari jenjang karier, pastikan dulu di company itu apakah ada jenjang karier untuk menjadi spesialis. Selain itu, teman-teman juga harus tahu, teman-teman lebih nyaman yang mana. Kalau teman-teman belum tahu arahnya mau apa, atau mungkin merasa belum terspesialisasi, ambillah sesuatu yang generalis, karena bisa membantu teman-teman untuk mengeksplor.”

Di akhir kegiatan, panitia CDC mengadakan sesi doorprize bagi 5 orang penanya, dan 3 orang yang beruntung. Doorprize diberikan dalam bentuk saldo OVO masing-masing sebesar lima puluh ribu rupiah. Tidak lupa, sebagai ucapan terima kasih kepada narasumber, Trisakti School of Management menyerahkan sertifikat penghargaan secara simbolis. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama sebagai bentuk dokumentasi. Semoga dengan diadakannya Career Talk ini dapat memberikan bekal kepada para partisipan untuk mengenali dirinya dan mempersiapkan diri untuk masa depan, secara khusus di dalam dunia kerja.