Berita Populer

COMIC 4.0: Ubah Mindset Millennial Tentang Investasi

Di era milenial saat ini, investasi tengah menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat. Dalam setiap hal yang kita lakukan, apalagi di dunia keuangan, pasti terdapat berbagai jenis risiko yang akan kita hadapi, begitu pula dengan investasi. Oleh karena itu, setiap aset investor diberikan perlindungan dengan pembentukan Dana Perlindungan Pemodal oleh Indonesia Securities Investor Protection Fund (SIPF) demi meningkatkan keamanan dalam berinvestasi di pasar modal.

Untuk mengedukasi masyarakat serta membahas lebih dalam mengenai dunia pasar modal, Galeri Investasi Trisakti School of Management menyelenggarakan acara COMIC 4.0 dengan seminar nasional dan talkshow sebagai puncak acaranya. COMIC 4.0 merupakan kompetisi pasar modal tingkat nasional yang telah dimulai sejak 1 Maret 2021 dan bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa Indonesia di bidang pasar modal. Seminar nasional yang menjadi puncak acara COMIC 4.0 ini menghadirkan dua narasumber yang luar biasa, yaitu Ririh Asih Priyahita sebagai perwakilan dari Indonesia SIPF dan Felicia Putri Tjiasaka sebagai millenial investor & influencer. Acara pembukaan diawali dengan kata sambutan dari Wakil Ketua 3 Trisakti School of Management, Ketua Jurusan Manajemen, dan Ketua Pelaksana. “Semoga acara yang kami selenggarakan ini bisa membuka pandangan masyarakat mengenai dunia pasar modal,” ujar Richard Randy Hayashi selaku ketua pelaksana.

Perlindungan di pasar modal Indonesia dilakukan oleh Indonesia SIPF yang diawasi penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Segala sesuatu yang berisiko, khususnya hal di bidang keuangan, harus dilindungi. Perlindungan di pasar modal yaitu berupa penyelesaian transaksi efek di Bursa Efek oleh Lembaga Kliring & Penjaminan PT KPEI dan penyimpanan aset oleh Lembaga PDPP PT P3IEI/I-SIPF,” kata Ririh Asih Priyahita saat menyampaikan materi di sesi pertama seminar.

Sesi kedua seminar yaitu talkshow bersama Felicia Putri Tjiasaka yang merupakan seorang millenial investor, influencer sekaligus co-founder Ternak Uang. Dalam talkshow ini, Kak Felicia membagikan pengalamannya selama berinvestasi, sehingga dapat memberikan motivasi dan pembelajaran bagi investor pemula. “Ada hal-hal penting yang harus kita perhatikan dalam investasi saham, yaitu mindset. Jadi kita itu harus benar-benar paham saham perusahaan apa yang kita beli, at least kita tahu perusahaan itu jualan apa, bisnis modelnya seperti apa, dan growth story-nya bagaimana. Setelah mengerti hal-hal itu, barulah kita bisa lihat bagaimana prospek penjualan 1-3 tahun ke depan,” ujar Felicia Putri Tjiasaka.

Kak Felicia juga menyampaikan bagaimana cara meminimalisir kerugian dalam berinvestasi yaitu dengan melakukan diversifikasi, seperti kata pepatah “Don’t put your egg in one basket“. Selain itu, kita juga harus terus belajar dan mengenali diri sendiri terlebih dahulu agar kita bisa memahami seberapa besar kerugian yang bisa ditolerir. “Di dunia saham, bangun kebiasaan disiplin untuk masa depan, karena sayang banget kalau kita investasi cuma ngejar cuannya aja, padahal sebenarnya ada banyak hal yang bisa dipelajari”. Pesan terakhir yang berkesan dari Kak Felicia adalah jangan takut untuk mengakui bahwa kita salah, karena kesalahan merupakan proses dari pembelajaran hidup.

Acara seminar nasional ini berlangsung dengan meriah dan memberikan banyak manfaat dan ilmu tentang pasar modal  kepada para peserta seminar. Akhir acara menjadi sesi yang paling menegangkan bagi para peserta lomba, yaitu sesi dimana panitia mengumumkan pemenang lomba Stockcase COMIC 4.0. Setelah mengumumkan pemenang, para panitia dan peserta melakukan sesi foto bersama sebagai penutup acara. Semoga seminar ini mampu mendorong para peserta agar semakin melek dan paham akan pentingnya investasi di era milenial. Sampai jumpa lagi di seminar berikutnya!