Berita Populer

Dalam Rangka Dies Natalis ke-48, TSM dan UKK Berkunjung ke Panti Asuhan

Tak terasa, Trisakti School of Management sudah hampir mencapai usia yang ke-48 tahun. Melalui banyak suka dan duka, menyalurkan sejuta kerja keras hingga sampai pada titik ini. Tentunya, TSM menyadari nilai diri dan tidak pernah lupa akan akarnya. Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan memberi kembali kepada masyarakat, TSM rutin menyalurkan bantuan dalam bentuk program PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat). Maka dari itu, pada tanggal 2 dan 3 November 2022, TSM bersama seluruh Unit Kegiatan Kerohanian yang ada di TSM, yakni UKK Kristen, UKK Islam, UKK Buddha, dan UKK Katolik mengadakan kunjungan ke empat panti asuhan untuk kegiatan berbagi dan tentunya beraktivitas bersama. Ini merupakan salah satu dari sekian banyak rangkaian kegiatan yang biasanya dilakukan TSM dalam rangka Dies Natalis, lho!

Tujuan pertama adalah Yayasan Panti Asuhan Rumah Shalom yang berlokasi di Jl. Bambu Kuning Selatan No. RT.4/RW.2 Bekasi. Tim TSM dan para mahasiswa dari UKKR sampai di lokasi pukul 10.00 pagi. Acara dimulai dari Sambutan dari Bu Rita selaku pengurus Panti Asuhan Rumah Shalom yang mengucapkan terima kasih atas kedatangan Trisakti School of Management yang menyalurkan bantuan, kemudian dilanjut sambutan dari Pak Arya yang menitikberatkan bahwa Trisakti School of Management dapat membantu anak-anak Panti Asuhan Rumah Shalom untuk dapat berkuliah, salah satunya melalui program bantuan Pemerintah yaitu jalur KIP. Setelah sesi foto bersama, pembagian bantuan tunai sebesar Rp10.000.000,00 serta mainan anak-anak, mahasiswa dari UKKR mengadakan ibadah bersama diantaranya dengan menyanyi lagu pujian, penyembahan, dan games kecil.

Kunjungan destinasi kedua tepatnya berada di Panti Asuhan Al-Sakinah yang lokasinya berada di Jl. Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat No.29, RT.2/RW.7 Jakarta Timur. Perwakilan para dosen dan juga mahasiswa dari UKKI sampai di lokasi pukul 13.30 siang. Acara pun berjalan sama seperti sebelumnya, dan dilanjut oleh mahasiswa dari UKKI, yakni  membuat kuis yang berisi pertanyaan seputar tokoh-tokoh yang ada di Al-Quran. Pak Komar pun terbawa suasana yang seru dan mengadakan games mendadak yaitu mengajak anak-anak untuk membaca surat-surat yang ada di Al-Qur’an. Sebelum pulang, acara resmi selesai ditutup dengan doa bersama dan berpamitan.

Berlanjut ke Jl. Tambun Rengas, RT.12/RW.01, Jakarta Timur, Panti Asuhan Guna Nanda menjadi destinasi pertama di tanggal 3 November 2022. Berlatar belakang Mei 1998, Bhiksuni Guna Sasana dibantu Bapak Siwie Honoris dan keluarga membangun panti asuhan Buddha pertama ini untuk anak-anak kurang mampu agar dapat merasakan dunia pendidikan. Tim TSM dan perwakilan UKKB sampai pada pukul 09.00 pagi dah disambut oleh anak-anak balita yang bertempat di panti sementara anak-anak lainnya pergi sekolah. Ibu Stella dan Ibu Niken didampingi ketua dan wakil ketua dari UKKB memberi donasi sebesar Rp10.000.000,00 beserta mainan anak-anak seperti yang dilakukan di hari sebelumnya. Karena belum sepenuhnya terbuka untuk bermain bersama, para dosen berlanjut ke lokasi selanjutnya.

Last but not least, Panti Asuhan Taman Fioreti yang seindah namanya menjadi tujuan terakhir TSM. Bersama perwakilan dari UKKA, Tim TSM sampai ke Jl. Raya Kampung Sawah No. 14 RT.07/RW.01, Kota Bekasi di siang hari yang diberkati hujan. Kata sambutan dari Bapak Arya Pradipta selaku Ketua TSM menjadi pembuka kegiatan di sana. Setelah sesi pemberian hadiah, para perwakilan UKKA mengajak adik-adik yang terdiri dari beragam umur–bayi hingga SMA–untuk menyanyikan lagu kerohanian bersama. Tak lupa, acara diakhiri dengan sesi games interaktif yang disambut dengan sangat antusias. Pukul 16.00 menandakan berakhirnya acara tersebut sekaligus rangkaian kunjungan ke panti asuhan secara keseluruhan.

“Saya mendapat banyak sekali pengalaman positif saat menemani para dosen dan UKK mengadakan kegiatan ini. Melihat anak-anak kecil yang berbahagia tidak bisa digantikan dengan perasaan apapun!” sebut salah seorang asisten yang turut meliput kegiatan ini. Jangan lupa untuk terus berbuat baik ya, kawan!