Berita Populer

Dari TSM ke Taiwan

Dari TSM ke Taiwan, Simak Pembahasan Program IISMA Kemendikbud Ini!

Prestasi gemilang kembali diraih oleh mahasiswa Trisakti School of Management. Tepatnya pada tanggal 15 Mei 2022, wajah seorang mahasiswi jurusan Manajemen  angkatan 2019 berbinar cerah kala melihat tulisan yang tertera pada layar ponselnya. Ia adalah Marcella Zefanya, penyandang gelar Awardee dari International Student Mobility Award yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Ia berhasil menerima beasiswa penuh dari program pertukaran pelajar ke National Taiwan University. Penasaran akan IISMA serta usaha yang dilakukan Marcella untuk mencapai kesuksesannya? Simak pembahasan di bawah ini!

Indonesia International Student Mobility Award, atau IISMA, adalah program beasiswa tahunan dari Kemendikbud Ristek RI, dimana mahasiswa Indonesia diberi kesempatan untuk menjalani studi selama satu semester di perguruan tinggi luar negeri. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan agar mendapat pengalaman baru, memperluas wawasan, dan juga mengembangkan dirinya melalui hal-hal lain yang mungkin didapatkan selama program berlangsung. Mahasiswa yang bisa mendaftar program IISMA adalah mahasiswa tahun kedua dan ketiga.

Pada tahap awal pendaftaran, mahasiswa harus menyiapkan skor English Proficiency Test, baik IELTS, TOEFL iBT, ataupun Duolingo English Test. Marcella sendiri menggunakan Duolingo karena hasilnya yang lebih cepat terbit dibandingkan bentuk tes yang lain. Selain itu, di tahap pertama, para calon Awardee juga harus menulis esai berbahasa Inggris dari empat pertanyaan yang disediakan. Untuk dokumen pendukung sendiri, Marcella menyebutkan bahwa ia diminta mempersiapkan data diri, surat rekomendasi kampus, dan beberapa surat deklarasi yang disediakan di website IISMA.

Sewaktu pengumuman dikumandangkan, Marcella membeberkan bahwa ia sangat nervous karena memang sudah banyak effort yang dikeluarkan untuk mengikuti program ini. “Saya bersyukur sekali ketika melihat bahwa saya lulus sebagai Awardee. Sejujurnya, saat pertama kali melihat hasil pengumuman, ada rasa tidak percaya bahwa saya berhasil lulus. Bahkan, saya sempat me-refresh laman pengumuman beberapa kali dan juga logout-login website IISMA untuk memastikan,” tuturnya.

Harapannya saat memutuskan untuk ikut serta dalam program IISMA ialah demi mendapatkan pengetahuan lebih luas dibanding yang bisa didapatkan melalui buku. Marcella menjelaskan bahwa ia memiliki banyak pertanyaan, antara lain, “Bagaimana pola pikir masyarakat lain? Apa yang menjadikan mereka berbeda, baik itu lebih baik atau kurang baik, ketika dibandingkan dengan Indonesia? Apa saja culture asing yang sebenarnya baik diterapkan di Indonesia?” Tak lupa, ia berkeinginan untuk memperkenalkan Indonesia dan beragam budayanya di negara tujuan nanti.

Sebelum menutup sesi perbincangan, Marcella memberikan beberapa wejangan, terutama kepada para pejuang IISMA dari TSM tahun depan. “Untuk mahasiswa/i yang ingin mengikuti IISMA tahun depan, pastikan untuk memiliki tujuan yang jelas mengenai mengapa kamu ingin mengikuti program ini, miliki visi yang jelas tentang masa depan/cita-citamu, bagaimana mengikuti IISMA akan membantu kamu mencapainya, dan apa saja yang dapat kamu berikan kepada Indonesia bila kamu terpilih sebagai Awardee. IISMA juga dapat disebut sebagai program beasiswa. Maka dari itu, persiapkan IPK dan EPT yang terbaik, dan jangan lupa untuk menambahkan pengalaman-pengalaman yang dapat mendukung kamu agar terpilih (aktif di organisasi, perlombaan, magang, dll).”

“Menurut saya, teman-teman harus membiasakan diri untuk familiar dengan bahasa Inggris. Karena nantinya, ketika study abroad, teman-teman akan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari-hari. Terakhir, jangan lupa berdoa, do your best, dan good luck!” tambahnya. Semoga prestasi dari Marcella ini dapat menjadi motivasi bagi teman-teman mahasiswa sekalian untuk terus mengejar kemungkinan dan kesempatan yang hadir!

Back to list