Popular News

Berani Berwirausaha Bersama EDC

Berani Berwirausaha Bersama EDC

 

Kok, temen-temenku sudah memulai bisnis ya?” Terkadang muncul pertanyaan seperti ini di benak Anda ketika melihat beberapa teman yang sudah berani memulai bisnis. Lalu, hal tersebut membuat Anda berpikir “Apakah aku bisa memulai bisnis juga?”. Jika sudah terpikir untuk memulai bisnis, Anda juga mulai lebih waspada terhadap apa yang seharusnya perlu dilakukan untuk memulai bisnis. Keraguan inilah yang membuat Anda takut untuk memulai. Ditambah belum adanya modal yang memadai serta tidak tahu harus membuat bisnis seperti apa. Dalam membangun sebuah bisnis, tentunya Anda harus berani mengambil langkah awal. Namun, jangan asal berani saja, Anda perlu menemukan bimbingan yang tepat agar tidak salah langkah.

Trisakti School of Management (TSM) menghadirkan Entrepreneur Development Center atau biasa disingkat sebagai EDC bagi mahasiswa TSM yang masih bingung dalam memulai bisnis. EDC merupakan sebuah wadah yang dibentuk untuk mengembangkan, memotivasi, dan mendorong mahasiswa untuk berani memulai berwirausaha. Kehadiran EDC diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menentukan konsep bisnis yang baik dan sederhana, serta mengarahkan konsep tersebut agar dapat diaplikasikan di dunia nyata dengan bantuan dan dukungan dari para akademisi maupun praktisi.

EDC memiliki Inkubator Bisnis yang merupakan suatu program untuk membentuk pola pikir terstruktur yang dibutuhkan, khususnya untuk mengambil keputusan strategis yang cepat dan inovatif dalam bisnis startup. Pemberian fasilitas pembinaan kelompok usaha mahasiswa TSM untuk meningkatkan kualitas kemampuan mahasiswa di bidang entrepreneurship secara berkesinambungan sesuai dengan standar nasional dan internasional. Dalam Inkubator Bisnis ini terdapat program bernama Dana Bergulir, dimana program tersebut dapat memberikan modal usaha maupun fasilitas pembinaan kelompok usaha bagi mahasiswa TSM sampai sebesar Rp6.000.000,00 yang didanai langsung oleh pihak TSM.

EDC juga membantu menyukseskan program yang diluncurkan oleh Kemendikbud dan Pendidikan Tinggi (Dikti) yang disebut sebagai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dimana program tersebut merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. TSM pada tahun 2019 mulai mengikuti dua bidang PKM dari delapan bidang PKM yang diperkenalkan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, yaitu PKM Kewirausahaan dan PKM Gagasan Tertulis.

Tidak sampai disitu, EDC juga menyediakan wadah bagi para mahasiswa untuk mempromosikan bisnisnya yaitu melalui web catalogue yang dapat dikunjungi di www.edctsm.com. Jadi, untuk para mahasiswa yang sudah tergabung oleh program EDC dapat memasarkan produknya secara gratis di website catalogue yang sudah disediakan oleh EDC. “Tidak hanya member EDC, tetapi semua warga TSM baik mahasiswa atau dosen dapat mempromosikan produknya di web catalogue yang sudah disediakan EDC. Website yang mudah diakses serta tidak dipungut biaya sangat membantu wirausahawan baru di lingkungan TSM dalam mempromosikan produknya,” ujar Nurul Mardatila sebagai salah satu asistensi EDC yang mengurus program tersebut.

Dengan kemudahan yang diberikan oleh EDC TSM ini tentunya dapat membantu Anda, mahasiswa TSM yang ingin bergulat di dunia kewirausahawaan. Yuk, tunggu apalagi? Berani berwirausaha bersama EDC!