Popular News

Lolos IISMA 2023, Mahasiswa Manajemen Trisakti School of Management Ini Siap Menjadi Duta Bangsa!

Fauzan Ilham Ramadhan, mahasiswa semester 4 jurusan Manajemen Kelas Internasional Trisakti School of Management (TSM) berhasil lolos seleksi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Co-Funding tahun 2023. Sekilas tentang IISMA Co-Funding yang merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) adalah skema pendanaan parsial antara pemerintah dan mahasiswa untuk memberikan kesempatan lebih besar kepada mahasiswa Indonesia agar dapat belajar selama satu semester di universitas terbaik di dunia. Kira-kira negara mana yang akan menjadi tujuan Fauzan, ya? Let’s dive deeper into this article!

Berawal dari rasa penasarannya terhadap negara yang memiliki perbedaan pola warna bendera terbalik dengan Indonesia, menghantarkan Fauzan ke salah satu negara Uni Eropa, lho. Ada yang bisa tebak, negara mana yang akan dituju Fauzan?

“Rasa penasaran dengan fakta perbedaan bendera Polandia dan Indonesia yang hanya berbeda di pola warna terbalik, membuat saya mengulik lebih jauh tentang aspek sejarah, geografis, dan budaya Polandia sehingga membuat saya semakin tertarik untuk menyentuh tanah Polandia sebagai pelajar internasional,” ujar Fauzan. Yep! He’s going to Poland.

Sebagai satu-satunya Universitas di Polandia yang ada di list Host Universities IISMA Co-Funding 2023, Fauzan akan belajar selama 4 bulan di University of Warsaw yang merupakan Universitas terbesar dan bergengsi di Polandia. Fauzan tentunya telah bekerja keras dalam mempersiapkan segala persyaratan, mulai dari menyiapkan berkas-berkas seperti Surat Rekomendasi dari kampus, Surat Izin Orang Tua, Financial Commitment Orang Tua, Transkrip, hingga English Proficiency Test. Lalu, dilanjutkan dengan tahapan interview yang pastinya sangat nerve-racking sampai akhirnya sukses menjadi Awardee IISMA Co-Funding 2023. Eitss, interview para calon Awardee IISMA pastinya full bahasa Inggris dong! Namun, ini bukanlah hal mengkhawatirkan bagi Fauzan yang merupakan Mahasiswa TSM Kelas Internasional.

Didukung oleh pihak internal TSM, Fauzan pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Ibu Nila Pusvikasari, S.E., M.M., CFP., CRP. selaku Sekertaris Jurusan Manajemen TSM dan juga Dosen Pembimbing Akademiknya yang berkontribusi besar dalam membulatkan tekadnya untuk mengikuti IISMA. Tidak lupa juga kepada Ketua Jurusan Manajemen, Ibu Dr. Tita Deitiana, M.M., CFP. dan para asisten Global Relation Office (GRO) yang telah memberi dukungan penuh dalam proses pendaftaran serta pengurusan berkas IISMA Co-Funding. Ia juga mengungkapkan rasa bahagia dan syukurnya atas kesempatan ini. “I am immensely grateful and privileged to have been selected for the IISMA 2023 Scholarship Program at University of Warsaw, Poland. This award provides me a ‘Learning Journey with Life Overseas’ while also inspires me to continue striving to live my best life at 20,” ujarnya.

Fauzan dijadwalkan akan terbang ke Host University atau University of Warsaw pada bulan September 2023 dan akan kembali ke Home University atau TSM pada bulan Desember 2023. Ia dan para peserta Program IISMA lainnya diharapkan mampu menjadi duta bangsa yang dapat memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia. Semoga prestasi Fauzan ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa TSM lainnya, sehingga dapat menjadi estafet bagi generasi berikutnya.

Gimana menurut kalian tentang prestasi Fauzan ini? Pastinya sangat luar biasa dan menarik kan? Terlebih untuk kalian yang sudah mendambakan menjadi the next IISMA Awardee. Nah, buat kalian yang tertarik mengikuti program IISMA dan ingin seperti Fauzan, stay tuned di Instagram GRO TSM (@gro.tsm) atau laman iisma.kemdikbud.go.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai IISMA ditahun depan, ya. Siapa tahu di artikel selanjutnya akan ada cerita kalian sebagai Awardee IISMA 2024!