Popular News

Selangkah Lebih Dekat Merintis Karir di Big 4!

Kabar gembira datang lagi bagi para mahasiswa TSM! Terutama mereka yang sudah menginjakkan kaki di semester akhir. Kali ini CDC bersama Ernst & Young berkolaborasi menghadirkan campus hiring bagi para mahasiswa tingkat akhir, lho! Eittss…., tunggu dulu, kenapa disebut sebagai kabar gembira sih? Ernst & Young atau yang juga dikenal sebagai EY merupakan firma jasa profesional multinasional yang berpusat di London, Inggris, Britania Raya. EY merupakan salah satu firma jasa profesional terbesar di dunia dan masuk menjadi salah satu dari firma audit Big 4. Reputasi dan profesionalisme EY yang mendunia, berhasil membawa EY dalam membangun beberapa afiliasi di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Nah, karena itulah banyak mahasiswa jurusan akuntansi mengimpi-impikan untuk bekerja di perusahaan ini.

Kembali lagi kepada acara campus hiring yang diselenggarakan pada Jumat, 16 Juli 2023. Pada kesempatan kali ini EY membawa beberapa karyawannya yang juga merupakan alumni dari Trisakti School of Management. Acara dimulai dengan presentasi company profile yang dihadiri oleh Bapak Joe Lai selaku Financial Accounting Advisory Services Leader di EY Indonesia. Tentunya hal ini menjadi kesempatan langka dan berkesan untuk para mahasiswa TSM dapat berinteraksi dan mendengarkan sharing dari beliau. Memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun di Indonesia, Singapura, dan Kanada, beliau menyebutkan bahwa dalam melamar ke dalam dunia kerja bukan hanya semata-mata ‘ingin bekerja’ melainkan memikirkan karir seperti apa yang ingin dibangun ke depannya.

Menurut beliau, EY menjadi salah satu perusahaan yang dapat mewujudkan impian akan jenjang karir seseorang. Bukan semata-mata omong kosong belaka, Bapak Joe Lai memaparkan bahwa EY berfokus pada sustainability dan hal ini ditunjukkan di dalam program corporate social responsibility dari EY yang mengangkat tema ‘EY Ripple’. Dalam program ini, EY berkontribusi membangun kesejahteraan dan usaha masyarakat dengan memberikan bimbingan serta edukasi yang dapat mereka sediakan. Hal ini turut didukung dengan berbagai lini bisnis yang tersedia di dalam perusahaan. Beberapa lini bisnis yang ada yakni, assurance, tax, law, strategies and transactions, consulting, dan core business service.

Selain daripada lini bisnis yang tersedia, EY turut menunjang kesejahteraan para karyawannya. EY menyediakan beberapa program untuk pembelajaran berkelanjutan serta penghargaan atas hasil usaha para karyawan. Beberapa program tersebut adalah mobility4u dimana para karyawan akan diberikan penghargaan atas kerja kerasnya, serta terdapat program strategic & on demand mobility dan international transfers yang keduanya merupakan program transfer karyawan ke perusahaan EY lain yang berada di negara berbeda. Ditambah lagi terdapat beberapa kegiatan untuk mensejahterakan karyawan yang menepis statement bahwa menjadi karyawan Big 4 tidak akan mendapatkan work life balance. Beberapa kegiatan tersebut adalah EY Night, company outing, EY treasure hunt, EY care, offline coffee talk, assurance snack corner, EY health talk, dan masih banyak lagi.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan sesi sharing dari alumni TSM yang berbagi kisah dan pengalamannya selama menjadi karyawan EY. Dalam sesi sharing ini mereka menyampaikan beberapa hal yang harus dimiliki individu ketika berkeinginan untuk bekerja di EY, yaitu memiliki dan mengasah interpersonal skills, dimana mahasiswa diharuskan untuk mempunyai sense of curiosity yang tinggi karena learning akan terasa lebih mudah dan cepat jika kita memiliki keinginan dari dalam diri, ditambah lagi dengan sikap yang bold atau berani untuk bertanya ketika ada hal yang ingin diketahui. Tidak hanya itu sikap seperti adaptive, kolaborasi, komunikasi, dan persistent juga diperlukan di dalam dunia kerja.

Berikutnya adalah sesi yang paling ditunggu-tunggu dan menegangkan nih teman-teman! Para mahasiswa yang sudah mendaftar sebelumnya untuk mengikuti preliminary test akan diarahkan menuju masing-masing ruang untuk melaksanakan tes yang terdiri dari tes bahasa Inggris dan Assurance. Tentunya walaupun momen ini merupakan saat-saat yang menegangkan, namun pastinya juga sangat berkesan ya teman-teman! Kesempatan ini merupakan permulaan bagi mereka yang ingin melanjutkan karirnya di perusahaan internasional seperti EY!

Akhir kata best of luck bagi kita semua, jangan pernah berhenti untuk mencoba dan teruslah raih keinginan yang besar di dalam diri! Sampai jumpa di artikel lain!