Popular News

TSM Senantiasa Maju Bersama Politeknik Pariwisata Prima Internasional Dalam Melakukan Budgeting dan Controlling

Dunia pendidikan sangatlah luas, mencakup segala hal mulai dari ilmu akademik sampai ilmu non-akademik. Maka dari itu, perencanaan yang matang sangat diperlukan dalam menyukseskan dunia pendidikan. Salah satu aspek penting yang menjadi concern bagi kebanyakan petinggi di dunia pendidikan adalah budget. Budget menjadi sebuah acuan mengenai bagaimana dunia pendidikan itu akan bergerak dan berprospek ke depannya. Namun, budget saja tidaklah cukup, maka dari itu diperlukan adanya control atas budget itu sendiri.

Menjadi sebuah institusi yang sudah terbilang cukup lama bergelut di dunia pendidikan, Trisakti School of Management senantiasa membantu dan mengajak lembaga lain agar mampu berproses dan ‘melek’ atas pentingnya budgeting dan controlling. Pada kesempatan yang diberikan di hari Kamis, 27 Oktober sampai dengan Jumat, 28 Oktober 2022, tim P3M TSM kembali menjalankan ‘aksinya’ untuk mengabdi kepada masyarakat melalui pelatihan budgeting and controlling untuk Politeknik Pariwisata Prima Internasional. Pelatihan yang satu ini diberikan kepada para staf dan pengurus yayasan dengan tujuan untuk membantu dalam penyusunan anggaran yang lebih efektif dan efisien serta mampu mengontrol anggaran menjadi lebih ketat untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Kali ini, tim P3M yang turun adalah para ibu dosen TSM yang terdiri dari Ibu Stella S.E., M.M., CFP., Ibu Novia Wijaya S.E., M.Si., Ibu Ita Trisnawati, S.E., Ak., M.Ak., CA., dan Ibu Debora, S.E., M.Ak. Tunggu apalagi? Yuk, kita simak keseruannya! Karena materi yang cukup banyak, pelatihan ini akhirnya terbagi menjadi 2 hari. Hari pertama dibawakan oleh Ibu Stella yang membawakan mengenai tahapan-tahapan penyusunan yang terdiri dari yayasan, menentukan KPI atau Key Performance Indicator sampai penyusunan ke bagian bawah. Lalu dilanjutkan dengan pembawaan materi kedua oleh Ibu Novia yang menjelaskan mengenai konsep dan teori penyusunan budgeting and controlling. Selain teori, Ibu Novia yang juga menjabat sebagai kepala UPT Laboratorium di TSM turut mempersiapkan contoh budget di bagian lab.

Di hari kedua yaitu Jum’at, 28 Oktober 2022, materi pertama kali dibawakan oleh Ibu Ita dengan topik keuangan dan jurusan. Mengenai apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan control secara menyeluruh, karena hal ini terbilang cukup sensitif dan akan sangat berpengaruh apabila terganggu. Selanjutnya, materi terakhir dipaparkan oleh Ibu Debora yang bertugas untuk mengompilasi dari masing-masing bagian sampai menjadi suatu budget yang bisa dipublikasikan dan bersifat fix.

Walaupun materi yang diberikan terlihat sangat padat, namun ternyata menurut Ibu Novia sendiri pelatihan ini merupakan pelatihan yang menyenangkan, lho! Tidak ada ketegangan sedikit pun yang dirasakan oleh Ibu Novia saat memaparkan materi sehingga menjadi suatu hal yang cukup memorable. Walaupun pelatihan dilakukan dua hari berturut-turut, namun pelatihan tidak terasa melelahkan karena adanya rasa kekeluargaan yang dibangun di dalamnya. Suasana yang diciptakan terkesan serius namun juga santai serta pelatihan juga diwarnai dengan berbagai candaan dari para staf disana.

Ibu Novia menyampaikan harapan dari tim P3M TSM. “Kami dari TSM sangat terbuka apabila rekan kami dari Politeknik Pariwisata Prima Internasional masih membutuhkan bantuan-bantuan lain. Karena pada dasarnya dunia kita sama yaitu dunia pendidikan,” ucap Ibu Novia. Semoga tim P3M TSM dapat terus berkarya dan mengabdi dalam memberikan pelayanan bermanfaat kepada banyak orang. Karena pada dasarnya, dunia kita adalah dunia bersama, maka dari itu jangan pernah takut dalam bahu membahu membangun dunia yang lebih baik! See you di artikel P3M berikutnya, ya!