Berita Populer

Financial Planning & Analysis in FinTech Industry

Mengikuti perkembangan zaman yang kian canggih, TSM juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i-nya untuk terus mengembangkan pengetahuan, khususnya di bidang Financial Technology Industry, salah satunya dengan mengadakan webinar yang mengangkat tema “Financial Planning & Analysis (FP&A) in FinTech Industry”. Webinar ini dibawakan oleh Ibu Annisa Kanti sebagai host dan menghadirkan salah satu pembicara yang sangat ahli di bidangnya, yaitu Bapak Agustinus Restu Prasetyo selaku Business Planning Manager di DANA Indonesia. Adapun tamu yang turut hadir dalam webinar kali ini, di antaranya Bapak Awang Samudra selaku Tax Manager DANA Indonesia dan Bapak Aan Yulianto selaku Management Information System Manager. Webinar ini dibuka dengan kata sambutan dari Ibu Friska Firnanti S.E., M.M. selaku Ketua Program Studi Akuntansi TSM.

Bapak Agustinus Restu Prasetyo yang akrab dikenal dengan sebutan Bapak Restu, merupakan sosok yang sangat berpengalaman di dunia finance, terbukti dengan beberapa jejak karirnya. Beliau pernah bekerja di PT. Bank ICBC Indonesia sebagai Budget & Analysis Manager, di United Overseas Bank bagian Budget and Forecast Analysis, di Bank Danamon, dan juga di Standard Chartered Bank bagian Consumer Banking Business Finance. Bapak Restu juga merupakan lulusan Bachelor of Financial Management dan Master of Science di Universitas Indonesia.

Di awal webinar ini, pembicara membahas mengenai perbedaan Accounting dan Finance, dimana bidang Accounting memiliki ruang lingkup seputar apa yang telah terjadi di masa lalu, sedangkan Finance memiliki ruang lingkup seputar apa yang akan terjadi di masa depan. Setelah itu, pembicara mulai masuk ke materi tentang Financial & Planning Analysis, dimana bidang FP&A ini fokus kepada 3 hal, yaitu budgeting, forecasting, dan analysis. Selain itu, pembicara juga menjelaskan bagaimana kriteria orang yang cocok untuk bekerja di bidang FP&A.

Sebagai bentuk penghargaan kepada pembicara, TSM memberikan sertifikat apresiasi setelah materi selesai dipaparkan. Setelah itu, dilakukan pula sesi foto bersama pada akhir acara sebagai bentuk dokumentasi.

Semoga dengan terlaksananya webinar kali ini, dapat lebih memperluas wawasan para peserta mengenai dunia FP&A dan juga membuka pandangan peserta yang tertarik untuk bekerja di bidang tersebut kemudian hari.