Berita Populer

Getting Your Study Abroad Opportunities

Sebagai sarana untuk mendukung mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri, secara khusus melalui jalur beasiswa, TSM ikut berpartisipasi dalam Webinar #YukStudyAbroad yang diselenggarakan oleh Schoters pada tanggal 28 November 2020 melalui platform zoom. Webinar tersebut tentunya sangat menarik minat banyak mahasiswa, mulai dari yang masih berada di semester muda, semester tua, bahkan yang sudah lulus kuliah. Pembicara dari webinar kali ini adalah Dr. Radyum Ikono, yang merupakan CEO dari Schoters. Beliau telah menempuh pendidikan di beberapa universitas luar negeri, yaitu NTU Singapore, Tsukuba University, dan University of Tokyo (A quasi-joint degree with Matsumoto Dental University). Selain itu, beliau juga merupakan penerima 10 beasiswa bergengsi di luar negeri. Riwayat pendidikannya yang sangat memukau, membuat banyak mahasiswa tertarik untuk berkuliah di luar negeri pula.

Dr. Radyum Ikono memberikan beberapa contoh beasiswa yang dapat di apply, seperti Ireland Government Scholarship, Chevening Scholarship, MEXT Scholarship Ritsumeikan University, Hungaricum Stipendum, Turkiye Buslari, Master in Work Psychology Erasmus, Swedish Institute Scholarship, Fullbright Scholarship, Chinese Government Scholarship at University of Hohai, Taiwan MOE Scholarship, Australia Award Scholarship, dan masih banyak lainnya. Selain itu, pembicara juga memberikan sedikit garis besar dalam penulisan essay, dimana di dalam essay harus berisi tentang alasan memilih major tersebut, alasan mengapa memilih kampus dan negara tersebut, alasan mengapa Anda yakin akan meraih kesuksesan, dan apa yang akan Anda lakukan setelah lulus.

“Buat saya bukan studinya yang penting, tetapi bahwa teman-teman keluar Indonesia, merasakan dunia internasional, apakah dengan S2, S3, atau student exchange, buat saya itu yang penting. Saya pengen banget teman-teman menambah jumlah anak Indonesia yang menjadi diaspora. Rasakan belajar banyak dari budaya-budaya yang ada di luar. Pengen banget saya melihat anak Indonesia berjaya di pentas dunia. Itu harapan saya mendirikan Schoters,” ucap Dr. Radyum Ikono sebagai closing statement.

Semoga dengan terlaksananya webinar mengenai study abroad ini, para peserta dapat lebih terdorong dan termotivasi untuk melanjutkan studi di luar negeri sehingga dapat mengharumkan nama TSM dan juga nama Indonesia di lingkup internasional.