Berita Populer

Hanya Ada di Zigzag! Seru-seruan, Tiba-tiba Bisa Bahasa Inggris!

Hanya Ada di Zigzag! Seru-seruan, Tiba-tiba Bisa Bahasa Inggris!

“Gak bisa bahasa Inggris!” Kalimat yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu ini, rupanya masih sering dilantunkan hingga saat ini oleh orang-orang yang merasa kemampuan bahasa Inggrisnya masih minim. Di zaman sekarang ini, sepertinya bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang sangat penting dikuasai untuk dapat bertahan hidup di tengah dunia yang semakin modern dan mengalami globalisasi yang begitu pesat. Oleh sebab itu, Trisakti School of Management pun terus berupaya dalam memberikan wadah dan fasilitas kepada mahasiswa-mahasiswi TSM secara khusus untuk dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya yaitu dengan mendirikan ZigZag English Club. Sesuai dengan namanya, ini merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bahasa Inggris yang dinaungi oleh Senat Mahasiswa Trisakti School of Management.

Zigzag menjalankan berbagai program rutin yang menarik, seperti Skill Improvement Class (SIC), yang dibagi menjadi dua bagian yakni Learning dan juga Scrabble. Learning berisi pembelajaran bahasa Inggris dan pengembangan kemampuan dalam bidang-bidang perlombaan, seperti debate, speech, storytelling, dll. Sedangkan Scrabble berisi permainan papan yang melatih kosa kata. Selain itu, ada pula kegiatan Movie Time, dimana para anggota akan menonton sebuah film bahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris pula. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan sebelum UTS dan UAS untuk menghibur para anggota sebelum bertempur di ujian sembari mempelajari bahasa Inggris bersama dengan cara yang asyik. Semua kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui platform Microsoft Teams setiap hari Jumat pukul 10.30-13.00 WIB.

Selanjutnya, Zigzag English Club juga mengadakan program English Time. Pada program ini, Zigzag berbagi pengetahuan dan fun fact seputar bahasa Inggris melalui media sosial secara interaktif setiap hari Selasa melalui Instagram Story atau Reels, kemudian berbagi informasi seputar bahasa Inggris di Tiktok setiap hari Kamis, dan di Instagram Feeds setiap hari Jumat dan Minggu. Sebelum dilanda pandemi, Zigzag English Club kerap kali mengadakan kegiatan yang jauh lebih padat dan pastinya menyenangkan. Kegiatan tersebut seperti Escape Room, Native Hunting, Carnival, English on the Go, dan lain sebagainya. Namun semua itu sayangnya terpaksa dihentikan hingga kondisi pandemi membaik dan memungkinkan Zigzag untuk melaksanakan kembali kegiatan offline ini.

Pembahasan ini tidak lengkap rasanya jika tidak mengulas tentang prestasi UKM bahasa Inggris yang merupakan bagian dari Kampus Juara. Zigzag English Club pernah menjadi Quarter-Finalist Storytelling Competition di acara Asian English Olympics (AEO 2021) yang diadakan oleh Bina Nusantara English Club. Zigzag pun sering mengikuti lomba speech dan debate seperti AEO, NEO, T-ACES, dan NUDC. Selain itu, Zigzag juga pernah ikut serta dalam perlombaan Scrabble di acara LOVECOMP.

“Wah, kalau experience yang paling berkesan sih waktu jadi volunteer di Escape Room 2020 sebagai satu-satunya program kerja offline yang pernah aku rasain selama menjabat di ZigZag, lalu ada juga tahun lalu ketika aku dipercaya menjadi Ketua Pelaksana Program Kerja ZEST 2021. Manfaatnya berasa banget dan benar seperti yang orang-orang bilang kalau masuk organisasi bisa dapat pengalaman dalam menyusun proja, dapat banyak koneksi, keluarga kedua, sharing-sharing pengalaman dengan senior, belajar bahasa Inggris bareng, banyak banget deh,” ujar Devienna Antonetta Sudiarto selaku Ketua UKM Zigzag English Club.

Menarik sekali bukan? Kapan lagi bisa belajar bahasa Inggris di kampus secara gratis dan tentunya dengan cara yang menyenangkan? Yuk, buruan daftarkan diri Anda menjadi salah satu anggota Zigzag English Club! Dijamin, tidak ada lagi ucapan “Gak bisa bahasa Inggris!” yang keluar dari mulut Anda. Agar mengenal dan mendapatkan banyak pengetahuan bahasa Inggris, jangan lupa untuk terus mengikuti akun Instagram ZigZag yaitu @zigzagenglishclub dan akun TikTok @zigzagenglishclub.

Back to list