Berita Populer

Ikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bersama TSM

Tahukah Anda? TSM telah secara resmi berpartisipasi dalam salah satu program unggulan Kemendikbud yang beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan. Program tersebut tidak lain ialah “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” atau yang lebih akrab disapa dengan MBKM. Pada dasarnya, program MBKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuannya sesuai dengan bakat serta minat mereka dengan terjun langsung ke dalam dunia pekerjaan. Kegiatan yang berlangsung di luar program studi ini berlangsung sebanyak-banyaknya selama 3 semester dan diiringi dengan pernyataan mata kuliah yang tertera dalam kurikulum. Oleh karenanya, mahasiswa tetap diwajibkan untuk memenuhi sks kelulusan secara penuh yang telah ditentukan oleh kurikulum dari setiap program studi.

Menyadari dinamisnya perubahan dalam ranah sosial, budaya, lingkungan kerja, hingga kemajuan IPTEK, program MBKM diharapkan dapat menjawab segala rintangan tersebut, sehingga mampu menciptakan lulusan yang unggul dan berdaya saing. Intisari dari penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ialah untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan yang tentunya dapat berguna ketika kelak memasuki dunia pekerjaan. Selain itu, program ini juga mendorong kompetensi lulusan, tidak hanya sebatas soft skill, tetapi juga hard skill agar lebih siap beradaptasi dengan kebutuhan zaman, agar siap menjadi pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian baik.

Mengacu kepada Permendikbud No.3 tahun 2020 pasal 15 ayat 1, adapun beberapa bentuk kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh TSM untuk kedua program studinya, yakni:

  • Pertukaran Pelajar – Antar Program Studi Perguruan Tinggi Sama

Program pertukaran pelajar ini terbagi menjadi 2 jenis. Program pertama dikhususkan terhadap pertukaran pelajar antar program studi dengan perguruan tinggi yang sama, dimana tujuan pelaksanaannya ialah memberikan keberagaman ilmu dan pengetahuan bagi mahasiswa. Sedangkan, program kedua ditujukan antar perguruan tinggi dengan program studi yang sama maupun berbeda. Program ini juga bertujuan untuk memperluas jejaring dan memperkaya wawasan, serta pengalaman selama menempuh studi S1.

  • Magang/Praktik Kerja MBKM

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kerja secara nyata di dunia industri atau profesi dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan untuk melatih hard skill dan soft skill mahasiswa.

  • Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan MBKM

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menjadi asistensi pengajar di satuan pendidikan seperti Sekolah Dasar, Menengah, maupun Atas. Tempat praktik mengajar pun dapat berlokasi di kota maupun daerah terpencil.

  • Penelitian/Riset MBKM

Program ini ditujukan untuk mahasiswa yang memiliki passion dalam bidang penelitian dengan memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh TSM.

  • Proyek Kemanusiaan MBKM

Program ini bergerak dalam bidang kemanusiaan, seperti penanggulangan bencana dan program kemanusiaan lainnya.

  • Kegiatan Wirausaha MBKM

Program ini dijalankan dalam 2 semester akhir yang berjalan sejak semester 6. Tujuan dari program tersebut tidak lain adalah mendorong mahasiswa dalam menggali maupun meningkatkan minat dan potensinya dalam mendirikan usaha mandiri atau berwirausaha, baik secara individu maupun kelompok, sehingga akhirnya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar dengan peluang kerja yang disediakan.

  • Studi Independen MBKM

Program ini ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki passion dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan softskill dengan terlibat langsung dalam studi independen.

Bagaimana? Menarik bukan? Ini adalah kesempatan yang sangat berharga bagi seluruh mahasiswa-mahasiswi TSM dalam merajut kariernya. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan ini dan segera persiapkan diri Anda dengan semaksimal mungkin dalam mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka bersama TSM!