Berita Populer

Implementasi Forensic Accounting dalam Mendeteksi Fraud

Fraud adalah kecurangan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan menggunakan sumber daya perusahaan untuk memperoleh keuntungan pribadi. Penelitian menyatakan fraud cenderung meningkat saat terjadi bencana, dimana salah satu contohnya ialah Covid 19. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara mencegah serta menanggulanginya?

Pada kesempatan ini, TSM menyelenggarakan webinar dengan tema “Pentingnya Akuntansi Forensik dan Audit Investigasi dalam Mendeteksi Penipuan” dengan mengundang Bapak Emman Marpaung, S.E., M.FCG., CFE., Cert III yang merupakan forensik manajer PwC Indonesia sebagai pembicara webinar. Webinar ini didahului dengan diberikannya kata sambutan oleh Bapak Irwanto Handojo, S.E., M.Si. selaku Wakil Ketua 1. Fraud umumnya disebabkan oleh adanya kesempatan, tekanan, dan rasionalisasi. Selain itu, ditambah dengan adanya bencana yang menerjang perusahaan tersebut, perusahaan akan cenderung menanggulangi bencana yang terjadi dibandingkan dengan melakukan investigasi terkait kecurangan. Mereka beranggapan bahwa sumber daya seperti uang dan waktu harus dipergunakan untuk hal yang penting terlebih dahulu. Akibat berbagai faktor yang mampu mendistraksi manajemen, kasus fraud meningkat.

Fraud dapat diminimalisir dengan penerapan Internal kontrol yang baik. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan manajemen untuk memperkuat internal kontrol dan menjaga aset perusahaan meliputi memastikan adanya pemisahan tugas, mengembangkan kontrol fisik yang memadai atas aset, mengidentifikasi resiko dalam perusahaan, memperbaiki kesalahan dengan segera, mengembangkan kebijakan dan prosedur tertulis, melakukan rekonsiliasi secara teratur, melakukan peninjauan dan persetujuan, memelihara dokumentasi pendukung yang memadai, memberikan pelatihan yang memadai kepada staf, dan menerapkan sistem pelaporan pelanggaran.

Fraud sangat banyak ditemukan dalam dunia kerja dikarenakan beberapa faktor yang telah disebutkan diatas. Perlunya memahami bagaimana mendeteksi fraud akan sangat membantu akuntan atau manajer untuk pertumbuhan perusahaan. Penjelasan materi yang begitu komprehensif dan banyaknya pertanyaan dari para partisipan yang antusisas mewarnai webinar ini. Diharapkan webinar ini dapat memberikan pemahaman dan menjadi bekal bagi para partisipan yang sebagian besar diisi oleh mahasiswa/i TSM untuk mengetahui lebih dalam bagaimana cara menganalisa dan mendeteksi fraud sehingga dapat diminimalisir sebaik mungkin.