Berita Populer

Keberhasilan Internasionalisasi Bergantung pada Strategic Planning?

Pada zaman ini, hampir semua sekolah tinggi ataupun universitas berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, bahkan berusaha mencapai tingkat internasional. Untuk mencapai tingkat tersebut, sekolah tinggi atau universitas harus memiliki strategic planning yang tersusun dengan baik. Agar dapat memahami hal tersebut, Global Relation Office TSM menyelenggarakan International Lecture yang mengusung tema “Strategic Planning in the Internationalization of Higher Education”. International Lecture yang dilaksanakan melalui platform zoom ini ternyata menarik perhatian hampir 250 partisipan, dimana perkuliahan internasional ini disampaikan oleh narasumber yang tentunya mumpuni di bidangnya, beliau tidak lain adalah Dr. Tai-Chi Wu selaku The Dean of International & Cross-Strait Affairs Office I-Shou University, Taiwan. Dr. Tai-Chi Wu merupakan lulusan Industrial Engineering dan telah memiliki pengalaman selama 6 tahun dalam internasionalisasi universitas. Beliau juga merupakan Project Management Professional.

Dalam pemaparannya, narasumber menyampaikan 4 garis besar, yang meliputi Strategic Management, Internationalization in Higher Education, Outcome & Benefit, dan ditutup dengan kesimpulan. Dalam mencapai internasionalisasi, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan, diantaranya teaching, alumni career service, language learning, admin process, international student recruitment, student care, cross boundary corporation, dan mobility.

Sebelum mengakhiri pembahasan, panitia membuka sesi tanya jawab bagi para peserta yang ingin bertanya seputar materi Strategic Planning ataupun seputar I-Shou University, atau bahkan seputar Negara Taiwan. Untuk menjawab pertanyaan mengenai apakah Bahasa Mandarin wajib dikuasai jika ingin melakukan pertukaran pelajar ataupun melanjutkan studi di I-Shou University, narasumber menyampaikan agar para peserta tidak perlu khawatir akan Bahasa Mandarin yang belum dikuasai, karena pemerintah Taiwan memberikan pelatihan Bahasa Mandarin secara gratis bagi para mahasiswa asing yang bersekolah di Taiwan. Walaupun dalam keseharian di Taiwan, akan lebih baik jika mahasiswa asing dapat berbicara Bahasa Mandarin. Namun pada kenyataannya, saat ini banyak masyarakat Taiwan yang sudah bisa berbahasa Inggris, sehingga mahasiswa asing dapat dengan mudah berkomunikasi dalam kehidupan sehari-harinya. Selain itu, kampus juga dapat menempatkan mahasiswa asing agar memiliki roommate yang berasal dari Taiwan, sehingga secara tidak langsung, mahasiswa asing juga dapat perlahan-lahan mempelajari Bahasa Mandarin.

Sebagai kesimpulan, narasumber memberikan kalimat “Turn your lemons into lemonade”. Yang dimaksudkan secara tersirat dalam kalimat tersebut adalah terdapat banyak tantangan dan peluang, namun terkadang kita takut mengambil tantangan tersebut karena takut tidak berhasil. Beranilah menerima tantangan untuk berubah agar dapat menjadi lebih baik. International Lecture kali ini sungguh mengundang antusias yang sangat tinggi dari para peserta, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang berbaris rapi pada kolom chat.

Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada pembicara yang telah dengan luar biasanya berbagi kepada para peserta, panitia menyerahan e-certificate di akhir kegiatan. Sebelum membubarkan peserta, panitia melakukan sesi foto bersama untuk kepentingan dokumentasi. Semoga dengan terlaksananya International Lecture ini, para peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat berkaitan dengan Strategic Planning serta pandangan yang baru tentang Taiwan secara khusus I-Shou University.