Berita Populer

Keseruan Dosen dan Mahasiswa dengan Belajar dari Rumah

Semenjak diumumkan oleh Pemerintah untuk menonaktifkan kegiatan pembelajaran tatap muka sebagai akibat dampak pandemi Covid-19, maka TSM pun memberlakukan kegiatan pembelajaran daring atau yang biasa dikenal dengan istilah online learning. TSM memfasilitasi kegiatan pembelajaran daring ini dengan menggunakan salah satu fitur dari Microsoft Office 365 yaitu Teams, namun tidak menutup kemungkinan jika para dosen juga memiliki metode lain serupa yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

Home learning membuat saya jadi lebih produktif dan jadi lebih rajin nyatet, terus lebih mudah komunikasi dengan dosen juga karena suasananya tidak semenenggangkan kalau di dalam kelas. Cuma deg-degan banget pada saat quiz atau UTS, takut telat submit karena gangguan internet,” ujar Viona salah seorang mahasiswa Manajemen angkatan 2018.

Sumber: Kelas TSI oleh Dosen Bapak Dicky

Kegiatan online learning ini sudah berlangsung selama 1 bulan lebih dan menjadi cerita tersendiri juga bagi seorang dosen yang bernama Bu Erika, “Bersyukur banget gak harus bangun jam 3.30 atau jam 04.00 untuk siap2 ke kampus. Selama online learning ini bisa bangun jam 05.30 atau bahkan jam 06.00 untuk mulai kelas pagi. Walaupun gak ke kampus dan gak ada kelas pagi, saya tetap sudah standby sebelum jam 8 pagi lho. Kan ini bukan liburan !! tetap kerja tapi dari rumah kannn, bajunya juga rapih. Percaya deh.” 👍👍😊😊 “Mahasiswa pun jadi lebih aktif berpartisipasi, memberikan pendapat, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Namun, ada juga mahasiswa yang gak ngerti materinya, tapi gak mau nanya (malu kalo nanya di roomchat, tapi gak mau nanya di DM juga)”, tambahnya.

Sumber: International Class – Financial Management oleh Sir Beny

Walau study from home ini tidak selalu mendapatkan tanggapan positif dari para mahasiswa dikarenakan beberapa hal seperti, koneksi internet yang tidak selalu stabil, tugas – tugas menjadi lebih banyak, dan dicampur dengan urusan rumah lainnya. Namun, tanggung jawab dosen tetap berjalan untuk memastikan para mahasiswa dapat mengikuti instruksi jarak jauh.

Tidak butuh waktu yang lama untuk menyesuikan kondisi dengan metode pembelajaran seperti ini dan menurut Jason mahasiswa Akuntansi angkatan 2019, study from home membuatnya dapat menghemat ongkos pergi dan pulang, serta menghemat uang jajan. “Semoga kegiatan pembelajaran daring ini membuat semakin bersemangat baik untuk dosen maupun mahasiswanya,” ungkap Pak Dicky dosen yang mengajar mata kuliah TSI. Sementara, Bu Erika menyampaikan kepada mahasiswa untuk tetap meningkatkan kreatifitas dan motivasi mahasiswa selama kuliah di rumah. “Jangan sampai tidak mengikuti kelas karena kehadiran kalian tetap diperhitungkan oleh dosen lho,” serunya.

Lembaga juga memastikan bahwa kurikulum pembelajaran dapat tetap tersampaikan hingga selesai dan pandemi Covid-19 ini dapat segera berlalu. “Mari… semua tetap berusaha, tetap sehat dan belajar dari rumah ‘tuk jadikan diri mandiri penuh kreatifitas, bertumbuh jadi pribadi yang terampil dan berintegritas hingga pada saatnya pasti pintu kesempatan terbuka dan kalian akan meraih masa depan yang menjadi impian kalian, karena pencapaian itu sudah kalian mulai sekarang,” pesan Pak Irwanto selaku Wakil Ketua I Bidang Akademik.

 

“Practice makes us right, repetitions make us perfect.” – Quotes