Berita Populer

Kesulitan Membuat Konten Bisnis Menarik? Berikut Tipsnya!

Kesulitan Membuat Konten Bisnis Menarik? Berikut Tipsnya!

Apakah Anda mempunyai bisnis? Pernahkah Anda merasa telah membuat konten bisnis semenarik mungkin namun tetap saja sulit menarik perhatian audiens di sosial media? Padahal keberhasilan suatu konten menjadi salah satu strategi pemasaran yang menjadi ujung tombak bagi perkembangan bisnis Anda. Namun ternyata, membuat konten bisnis yang menarik juga ada tips nya, loh! Topik inilah yang dikupas lebih dalam pada acara Marketing Sharing Session #1 yang diselenggarakan oleh IMA TSM pada 4 Januari 2021 dengan pembicara yaitu Nurul Mardatila, owner dari Tyristblossom & Kultura Beta Punya serta tim Go To Sandbox yang berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi Marketing Breakthrough 2021. Acara diawali dengan kata sambutan dari ketua pelaksana, Richo Christian dan ketua IMA yaitu Willis Riswanto. “Kami berharap acara hari ini bisa berbuah manis untuk mengubah rekan-rekan menjadi lebih baik lagi ke depannya,” kata Willis dalam kata sambutannya.

Saat memasuki sesi penyampaian materi, pembicara membukanya dengan pertanyaan menarik untuk berinteraksi dengan audiens. “Kalau buat refreshing, biasanya kalian bukanya sosial media atau buka e-commerce?” Kebanyakan dari mereka menjawab sosial media sebagai media untuk refreshing. Dapat kita ketahui bahwa sosial media menjadi media hiburan bagi masyarakat. Ketika mereka lelah, bahagia, sedih, mereka akan membuka sosial media untuk mencari hiburan. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, kita harus dapat memahami tujuan audiens membuka sosial media, salah satunya dengan membuat konten yang menarik dan dapat menghibur audiens.

Bagaimana caranya agar mereka bisa terhibur? Intinya adalah komunikasi beserta isi kontennya. “Mengapa sekarang aplikasi TikTok bisa laku? Karena konten yang ada di Tiktok itu autentik. Generasi zaman sekarang tidak suka gimmick atau suatu hal yang disetting. Bahkan konten orang curhat aja bisa mencapai jutaan viewers,” ucap Nurul. Nurul juga membagikan 3 hal lain yang dapat menarik perhatian audiens melalui sebuah konten. Pertama, perhatikan copywriting. Copywriting yang menarik adalah yang sederhana namun dapat langsung menarik hati orang dari segala konsep dan pemilihan warna. Kedua, call to action. Setelah menarik perhatian mereka melalui copywriting, kita arahkan action nya ingin dibawa kemana. Ketiga, hook dengan mengambil waktu mereka secara singkat namun bisa menarik perhatian mereka.

Setelah penyampaian materi oleh Nurul, acara dilanjutkan dengan sesi sharing bersama tim Go To Sandbox yang terdiri dari Andy, Felicia dan Cindy. Dari hasil sesi tanya jawab bersama tim Go To Sandbox, dapat disimpulkan bahwa dalam berkompetisi, kita harus saling bertoleransi dan menghargai anggota antar tim. Jika ada perbedaan pendapat, maka harus didiskusikan dengan baik agar menghasilkan satu suara. Dan yang terpenting adalah selalu percaya diri, berdoa, dan jangan cepat puas. 

Semoga acara Marketing Sharing Session #1 ini dapat memberikan insight baru bagi para peserta agar ke depannya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi dan terus memperbaiki kesalahan. Do your best till the end & see you on the next Marketing Sharing Session #2!

Back to list