Berita Populer

Kompetisi yang Mendatangkan Kesempatan Berwisata

Break your limits! Sebuah pernyataan yang seringkali menantang banyak orang untuk mencoba hal-hal baru. Demikian pula halnya dengan ketiga mahasiswa TSM yang berprestasi ini, Aurellio Fadel Nugroho, Denisa Arba Sabila, serta Vincentius Clement Laloan yang berhasil membuktikan kebolehannya dalam melewati batas yang ada pada diri mereka dengan menduduki posisi 1st Runner Up dalam Lomba Vusion Business Case Competition dimana lomba tersebut merupakan lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UPN Veteran Yogyakarta. Mereka mengaku bahwa lomba ini merupakan lomba business case yang pertama kali diikuti.

Lomba ini dimulai dengan tahap preliminary yang dilaksanakan pada tanggal 9-14 Agustus 2021. Pada tahap ini, para peserta diminta untuk menyelesaikan kasus yang diberikan dalam bentuk paper yang dapat dikerjakan dalam kurun waktu 5 hari. Kasus yang diberikan berkaitan dengan strategi bisnis yang sekiranya dapat dikembangkan oleh Desa Wisata Pentingsari selama pandemi COVID-19. Kemudian, pada tanggal 4 September 2021, 10 tim dengan paper terbaik diundang untuk melakukan presentasi final di hadapan para pengelola, direktur dari Desa Wisata Pentingsari, dan seorang akademisi terkait ide yang dibuat untuk optimalisasi kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh Desa Wisata Pentingsari.

Sebagai tim yang pertama kali mengikuti lomba business case, tentu diperlukan banyak persiapan agar dapat menyeimbangi tim-tim lainnya yang mungkin lebih berpengalaman. Tim TSM ini mengaku bahwa mereka betul-betul mempelajari bagaimana cara menyusun paper yang baik untuk menjawab kasus-kasus tertentu, mengikuti webinar yang berkaitan dengan cara menjawab suatu kasus, hingga belajar dari beberapa referensi paper para pemenang lomba business case nasional sebelumnya. Perjuangan inilah yang berhasil membawa mereka untuk berbaris di panggung kejuaraan dan mengalahkan 28 tim lainnya yang berasal dari 20 universitas berbeda.

“Perasaan kami tentunya senang dan juga bangga, karena di kesempatan pertama kami mengikuti lomba business case ini, kami bisa memperoleh gelar 1st Runner Up, mengalahkan berbagai PTN/PTS ternama di Indonesia. Dengan mengikuti lomba ini, kami belajar banyak hal, mulai dari bagaimana caranya untuk berpikir kritis, logis, dan realistis demi menghasilkan solusi untuk suatu permasalahan bisnis. Selain itu, dengan lomba ini, kami juga diajak untuk lebih memahami beberapa tools untuk melakukan desain dan promosi bisnis secara daring,” tutur Aurellio Fadel Nugroho.

Terlepas dari gelar kejuaraan yang diraih, tim TSM juga mendapatkan beberapa penghargaan, seperti uang pembinaan, e-certificate, serta kesempatan untuk berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari. Sungguh suatu kesempatan yang berharga yang mungkin tidak bisa didapatkan dalam kompetisi lain. Selamat untuk para pemenang! Semoga kisah yang diukir dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang. Akhir kata, terus bersemangat mempelajari hal-hal baru lainnya, dan terima kasih telah mengharumkan almamater Trisakti School of Management di kancah nasional. Salam Kampus Tradisi Juara!