Berita Populer

Kondisi Perekonomian, Industri, dan Perhotelan di Thailand

Sebagai kelanjutan dari International Lecture yang diadakan beberapa waktu lalu, kali ini TSM kembali menghadirkan International Lecture dengan membawakan pembicara yang merupakan Senior Lecture dari Burapha University, Thailand yaitu Ms. Sirintorn Thepmongkorn dan Mr. Sudeep Debkumar Chatterjee. International Lecture tersebut dibanjiri oleh sekitar 200 peserta yang sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan melalui platform zoom.

Pembicara pertama, Ms. Sirintorn Thepmongkorn, membawakan tema “A Round Up of Covid-19; Economy and Industries in Thailand” menjelaskan tentang dampak pada perekonomian di Thailand, seperti GDP, ekspor, dan konsumsi yang menurun, serta meningkatnya jumlah orang yang kehilangan pekerjaan. Di samping itu, pandemi ini juga berdampak pada lingkungan, dimana emisi karbon berkurang, limbah dalam industri medis meningkat, energi listrik yang meningkat, dan lain sebagainya. Selain itu, pembicara juga menjelaskan respon pemerintahan Thailand dalam menghadapi pandemi, seperti mendukung rumah tangga dengan mengurangi tagihan listrik. Pandemi ini juga mengakibatkan “income shock” bagi negara Thailand dimana Thailand mengalami kerugian hingga 1 triliun baht.

Pembicara kedua yaitu Mr. Sudeep Debkumar Chatterjee membawakan tema yang sedikit berbeda, yaitu “Operational Consideration in Hotel and Resort Properties During and After Covid-19 – Looking at Thailand”. Dalam sesi ini, pembicara menjelaskan mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sektor perhotelan, seperti kebersihan yang saat ini menjadi hal yang sensitif bagi masyarakat. Selain itu, pembicara menyampaikan bahwa ada 3 solusi bagi sektor perhotelan untuk menghadapi pandemi ini yaitu 3R “Responding, Recovering, Reimagining”.

Di penghujung acara, setelah pembicara menyampaikan materi, pihak TSM memberikan sertifikat sebagai bentuk penghargaan kepada kedua pembicara. Setelah itu, seperti biasa terdapat sesi foto bersama sebagai dokumentasi atas kegiatan ini. Semoga dengan terlaksananya International Lecture ini dapat memperluas wawasan peserta tentang keadaan perekonomian dan sektor lainnya di negara Thailand.