Berita Populer

Konsentrasi Akuntansi Keuangan Paling Ramai? Ini Bocorannya!

Akuntan menjadi sebuah profesi yang banyak diincar oleh perusahaan sejak lama hingga saat ini. Di tengah persaingan antar perusahaan yang semakin ketat dan ambisi untuk terus menjadi yang terdepan, sebuah keputusan yang diambil perusahaan menjadi salah satu aspek terpenting bagi perusahaan agar dapat melangkah dengan tepat. Oleh sebab itu, untuk memutuskan keputusan yang akurat, diperlukan analisis laporan keuangan yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar dapat memprediksikan dampak dari keputusan yang diambil bagi perkembangan entitas.

Mari berhenti sejenak, setelah membaca paragraf pertama tadi, tentu Anda mulai menyadari seberapa penting keberadaan seorang akuntan dalam sebuah perusahaan. Apakah mulai muncul di benak Anda keinginan untuk mengantarkan sebuah perusahaan kepada kesuksesan lewat keputusan yang diambil dari analisis performa laporan keuangan yang Anda buat? Jika ya, maka artikel ini akan meyakinkan Anda bahwa konsentrasi ini cocok untuk Anda.

Agar manajemen perusahaan dapat menghasilkan keputusan yang tepat, seorang akuntan perlu menganalisa laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku, baik di Indonesia yang menganut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), maupun internasional yang salah satunya adalah International Financial Reporting Standards (IFRS). Selain memberikan informasi keuangan entitas tentang laba atau rugi perusahaan dan kemudian menganalisisnya, Anda juga akan mempelajari bagaimana cara mengambil keputusan untuk berinvestasi di pasar modal secara optimal dan tepat lewat analisis fundamental dan teknikal yang akan Anda dapatkan di mata kuliah Manajemen Investasi dan Portofolio. Tidak hanya itu, jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai berbagai macam pelaporan, seperti salah satunya laporan konsolidasi perusahaan yang merupakan laporan posisi keuangan dari hasil operasional induk perusahaan dan beberapa anak perusahaannya, Anda juga akan mendapatkannya di mata kuliah Akuntansi Korporat dan Pelaporan.

Setelah mengenal sedikit mengenai konsentrasi Akuntansi Keuangan, tidak heran bukan jika konsentrasi ini banyak diminati oleh mahasiswa/I TSM? Selain mata kuliahnya yang sangat menarik, Akuntansi Keuangan membawa Anda kepada peluang kerja yang besar, seperti menjadi Financial Analyst, Public Accountant, Accounting Staff, Credit Analyst, Accounts Payable/Receivable Clerk, Financial Planner, dan masih banyak lainnya. “TSM sangat profesional dalam mendidik mahasiswanya. Materi yang diberikan up to date dan sangat relevan dengan kebutuhan di dunia kerja. Mahasiswa diberikan kesempatan yang besar untuk mengembangkan minat dan bakatnya,” ujar Jan Sebastian, S.E., CPSAK selaku alumni TSM yang kini bekerja sebagai Head of Finance di PT Warung Pintar Sekali.

“Accounting is the language of business!” Begitulah kutipan dari Warren Buffett yang menyatakan bahwa akuntansi merupakan alat penyampaian informasi keuangan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Dibalik kesuksesan sebuah perusahaan, terdapat seorang akuntan andal yang menjadi pangkal pengambilan keputusan yang tepat. Semoga kebimbangan pengambilan konsentrasi Anda terjawab dari pemaparan di atas. Kami tunggu kehadiran Anda, para calon akuntan profesional, di konsentrasi Akuntansi Keuangan!