Berita Populer

Laboratorium di Jurusan Akuntansi Padat? Memangnya Apa Saja Sih?

Laboratorium di Jurusan Akuntansi Padat? Memangnya Apa Saja Sih?

Tertinggal pembahasan dosen di kelas adalah hal yang cukup sering dialami oleh mahasiswa. Apalagi di situasi pembelajaran online seperti sekarang ini, tampaknya tak sedikit distraksi yang bisa menghambat pemahaman materi yang disampaikan dosen. Oleh sebab itu, perlu untuk mempelajari kembali materi perkuliahan tersebut. Untuk masalah yang satu ini, mahasiswa TSM sudah tidak perlu khawatir lagi, karena adanya mata kuliah laboratorium yang pastinya sangat membantu, khususnya untuk mahasiswa jurusan Akuntansi.

Di dalam mata kuliah laboratorium, mahasiswa akan diajarkan langsung oleh Tim Asisten Dosen yang sangat mumpuni di bidangnya. Mata kuliah laboratorium jurusan Akuntansi yang pembelajarannya hampir sama dengan kelas dosen, diantaranya meliputi mata kuliah Lab. Akuntansi Dasar 1 dan 2, Akuntansi Menengah 1 dan 2, Akuntansi Lanjutan 1 dan 2, Akuntansi Manajemen 1 dan 2, serta Manajemen Keuangan Lanjutan. Mata kuliah tersebut bersifat hitungan dan diajarkan dengan berpedoman pada modul masing-masing mata kuliah yang telah disediakan oleh Tim Asisten Dosen. Sedangkan mata kuliah laboratorium tambahan yang tidakĀ  didapatkan di kelas dosen meliputi mata kuliah Lab. Sistem Informasi, Statistika Terapan, dan Sistem Informasi Akuntansi. Untuk mata kuliah Lab. Sistem Informasi, asisten dosen mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan dalam menggunakan aplikasi, seperti Microsoft Word, Excel, dan Power BI. Kemudian untuk mata kuliah Lab. Statistika Terapan, asisten dosen mengajarkan penggunaan aplikasi analisa data, seperti aplikasi SPSS, Eviews, dan SPSS Amos. Terakhir, untuk mata kuliah Lab. Sistem Informasi Akuntansi, asisten dosen mengenalkan mahasiswa kepada software akuntansi yang tidak lain adalah software Accurate.

Cukup banyak bukan? Tidak heran jika dikatakan padat. Namun, laboratorium ini pastinya akan sangat membantu dalam menambahkan wawasan dan memudahkan mahasiswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang kurang dipahami tanpa perlu merasa sungkan karena pembelajaran di kelas laboratorium rata-rata bersifat lebih santai dan interaktif. Walaupun mata kuliah laboratorium ini berbobot 0 sks, namun mahasiswa tetap perlu menghadapi ujian mata kuliah laboratorium. Oleh sebab itu, mahasiswa juga diharapkan berkonsentrasi dan mengikuti pembelajaran dengan baik.

Demikianlah pengenalan singkat mengenai setiap mata kuliah laboratorium yang ada di jurusan Akuntansi. Jika dilihat sekilas memang terasa berat, namun ketika dijalani, percayalah bahwa mata kuliah laboratorium ini akan sungguh-sungguh membantu dalam perjalanan perkuliahan di TSM, bahkan bermanfaat di dunia kerja kelak. Selamat memasuki semester baru! Semoga semester baru ini membawakan gairah belajar yang lebih hangat dan penuh semangat! Salam sehat untuk kita semua!

Back to list