Berita Populer

Laporan Tracer Study dan Pengguna Lulusan TSM Tahun Akademik 2019/2020

Setiap perguruan tinggi pasti ingin mempersiapkan lulusannya untuk terjun dan siap bersaing di dunia kerja. Untuk melahirkan lulusan yang semakin berkualitas setiap tahunnya serta untuk menyesuaikan diri di tengah globalisasi, sebuah perguruan tinggi harus mengetahui penyerapan, proses, dan posisi lulusannya di dalam dunia kerja saat ini. Hal ini dilakukan oleh Trisakti School of Management melalui Studi Pelacakan Alumni atau yang akrab dikenal dengan sebutan Tracer Study.

Tracer Study merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi untuk mengetahui keadaan atau situasi alumninya setelah menjadi lulusan perguruan tinggi tersebut. Studi ini berguna untuk mengetahui kompetensi lulusan Trisakti School of Management dalam memenuhi standar kompetensi di dunia kerja. Informasi ini juga dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam memperbaiki kurikulum sebelumnya yang sudah berlaku di Trisakti School of Management.

Beberapa waktu yang lalu, tim Tracer Study melakukan penelusuran terhadap para lulusan tahun 2020 dengan total populasi sebesar 818 orang. Dimana dalam penelusuran ini, tim Tracer Study dapat menyimpulkan bahwa 99,51% dari populasi tersebut lulus dengan rata-rata IPK berada di range 3,01 hingga 3,50. Lulusan tersebut mayoritas mendapatkan pekerjaan melalui relasi, iklan online, dan juga informasi dari Career Development Center TSM dan sebesar 51,78% dari mereka mendapatkan pekerjaan sebelum lulus dari TSM. Di antara 533 alumni yang bekerja, 85,18% bekerja di perusahaan swasta dan 12,57% berwiraswasta. Sebanyak 448 dari 533 responden yang telah bekerja menyatakan bahwa pekerjaan saat ini sesuai dengan tingkat pendidikan yang mereka tempuh. Mayoritas masa studi mahasiswa Trisakti School of Management yang menjadi responden Tracer Study ini adalah selama 7-8 semester yaitu sebesar 666 alumni.

Selain melakukan penelusuran terhadap alumni, tim Tracer Study juga melakukan penelusuran terhadap para pengguna lulusan TSM. Pengumpulan feedback dari pengguna lulusan juga merupakan bagian dari pelaksanaan tracing atas alumni. Pada penelusuran beberapa waktu yang lalu, Tracer Study menarik kesimpulan bahwa dari 466 pengguna alumni non-wirausahawan, terdapat 92 pengguna (19,74%) yang mengisi kuesioner pengguna lulusan. Sebanyak 73 responden menginformasikan bahwa terdapat 1-3 orang alumni yang bekerja pada instansinya. Mayoritas responden mengatakan bahwa lulusan TSM memiliki keahlian yang baik dalam hal profesionalisme, disiplin ilmu, kepemimpinan, kerja sama tim, kemampuan berbahasa inggris, berkomunikasi, menggunakan teknologi, dan pengembangan diri. Mayoritas responden dari kuesioner pengguna lulusan menilai bahwa kompetensi alumni TSM dibandingkan dengan alumni perguruan tinggi lain adalah baik.

Semoga dengan kegiatan penelusuran yang dilakukan secara rutin ini, Trisakti School of Management dapat terus meningkatkan kualitasnya dalam mencetak lulusan yang semakin berkompeten dan berkualitas, sehingga Trisakti School of Management tetap menjadi pilihan utama bagi para pengguna lulusan.