Berita Populer

Lebih Cuan Trading atau Investasi??

Lebih Cuan Trading atau Investasi??

            Sejak pandemi Covid-19 pada 2020 lalu, sebagian besar dari kita pasti mengetahui bahwa dunia investasi dan pasar modal di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak pula bermunculan strategi-strategi investasi dan trading di pasar modal Indonesia yang semakin diperkenalkan oleh para influencer dan analyst dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun pada intinya, apakah lebih menguntungkan jika mengalokasikan portofolio untuk investasi atau trading? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, TSM kembali mengadakan webinar dengan tema Trading vs Investment dengan mengundang Bapak Laurens selaku Direktur PT BDO Bina Sewaka Dharma. Webinar ini diadakan pada Jumat, 1 April 2022 untuk memperluas wawasan dan pengetahuan serta membantu  mahasiswa/i TSM di pasar modal Indonesia agar dapat memaksimalkan return yang berpotensi untuk mereka dapatkan.

            Webinar yang diadakan melalui media Microsoft Teams ini dibuka dengan perkenalan beberapa riset yang sudah ada sebagai panduan bagi para investor untuk mengenal instrumen-instrumen investasi serta bagaimana strategi yang diterapkan dalam memaksimalkan keuntungan ketika terjun di suatu instrumen. “Sebelum Anda memilih instrumen dan strategi investasi, do your own research baik dalam investasi maupun trading” jelas Pak Laurens. Menurut beliau, penting sekali bagi kita sebagai investor untuk selalu mempunyai sikap skeptis agar tidak hanya ikut-ikutan atau FOMO (Fear of Missing Out), tetapi paham risiko dalam investasi atau trading. “Menurut saya, return yang wajar ketika berinvestasi atau trading adalah return yang risikonya bisa saya tanggung,” tambah Pak Laurens. Beliau turut menjelaskan bahwa investasi dan trading mempunyai beberapa perbedaan dari segi periodenya, bagaimana portofolio dapat berkembang, pendekatan strateginya, dan fokus dari investasi yang berbeda dibandingkan trading. Salah satunya, trading mempunyai jangka waktu yang lebih pendek daripada investasi dengan membeli suatu produk investasi untuk jangka waktu yang lama bahkan bisa bertahun-tahun. Tidak kalah pentingnya, webinar ini juga memberikan wawasan tentang money management yang strategi alokasinya membagi keuangan yang kita punya menjadi 50% untuk biaya, 30% untuk pensiun, dan 20% untuk simpanan jangka pendek.

            Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB ini dikemas dan disampaikan dengan sangat baik dan ringkas. Hal itu membuat para audiens dapat memahami materi webinar ini sekalipun beberapa materi terasa begitu kompleks dan berlangsung cukup singkat. Penyampaian mengenai trading matrix dalam mengenal psikologi investor atau trader, menjadi pelengkap materi komprehensif yang diberikan. Diharapkan wawasan dan pengetahuan yang diberikan oleh pembicara dapat menjadi bekal dan dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin oleh para audiens agar menjadi investor atau trader yang andal.

Back to list