Berita Populer

Lestarikan Tari Tradisional Bersama Trisamantrada

Lestarikan Tari Tradisional Bersama Trisamantrada

Perkembangan budaya tarian asing atau modern dance sudah marak dicintai oleh kalangan remaja saat ini. Bahkan banyak dari mereka yang membentuk komunitas dance club mulai dari K-Pop dance hingga tarian dengan lagu barat. Di balik menjamurnya budaya asing di Indonesia, budaya-budaya lokal seperti tarian tradisional menjadi semakin tenggelam dan jarang diminati oleh masyarakat Indonesia.

Namun, lain halnya dengan salah satu komunitas TSM dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Trisamantrada yang justru bersemangat dalam melestarikan budaya tari tradisional Indonesia. UKM Trisamantrada menjadi satu-satunya wadah bagi generasi muda khususnya mahasiswa Trisakti School of Management untuk menumpahkan kreativitas seninya di bidang tari tradisional. “Dengan mengikuti UKM Trisamantrada, kita dapat menambah wawasan dan belajar langsung terkait tari tradisional Indonesia melalui kegiatan rutin dan program kerja yang dilaksanakan oleh Trisamantrada. Selain itu, tarian yang diajarkan juga berasal dari berbagai daerah sehingga dapat mengembangkan minat dan bakat tari yang dimiliki,” tambah kak Syifa selaku ketua UKM Trisamantrada di TSM. Dalam upaya melestarikan tari tradisional, UKM Trisamantrada rutin memperingati hari tari melalui Traditional’s Day. UKM Trisamantrada juga menyelenggarakan pagelaran tari tradisional Indonesia di berbagai tempat guna memperkenalkan kekayaan tari tradisional Indonesia. Tidak hanya itu, Trisamantrada juga menyelenggarakan lomba tradisional serta webinar setiap tahunnya sebagai bentuk pengenalan tari tradisional kepada masyarakat.

Trisamantrada memberi kesempatan kepada seluruh mahasiswa TSM untuk bergabung dan belajar bersama Trisamantrada. Setiap Jumat, UKM ini selalu melakukan latihan rutin pukul 10.00-13.00. Walaupun saat ini segala kegiatan masih dijalankan secara daring, hal ini tidak menghalangi mereka untuk tetap melakukan latihan rutin melalui Zoom Meetings. Tarian yang diajarkan pun berbeda-beda, seperti baru-baru ini mereka belajar tari Kinang Kilaras. Bahkan tarian yang diajarkan pun dibimbing langsung oleh ahli yang sudah menguasai bidang ini.

Seru dan asik banget, kan, kegiatan-kegiatan Trisamantrada? Yuk lestarikan budaya tari Indonesia dengan bergabung bersama Trisamantrada!

Back to list