Berita Populer

Luncurkan Strategi, Siap Hadapi Masa Transisi Pandemi

Saat ini semua bisnis sedang dihadapkan oleh sebuah tantangan besar, dimana mereka harus mampu bertahan dalam situasi transisi pandemi yang sangat menegangkan. Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, mengharuskan setiap pelaku bisnis untuk berlomba agar dapat mempertahankan eksistensinya dalam situasi ini. Sebagai bentuk kepedulian terhadap situasi tersebut, IMA (Indonesian Marketing Association) Sub Chapter TSM mengadakan seminar online melalui Microsoft Teams yang dikhususkan untuk mahasiswa Trisakti School of Management.  Seminar yang diadakan beberapa waktu lalu ini, mengangkat tema seputar “Knowing Consumer Psychology During Pandemic Transition”. Melalui tema tersebut, mahasiswa akan memperoleh pemahaman mendalam untuk beradaptasi dengan kondisi yang sedang dihadapi saat ini, serta membangun mindset mahasiswa supaya dapat menjadi seorang entrepreneur di usia muda. Mahasiswa yang berpartisipasi terdiri atas 220 mahasiswa aktif yang berasal dari berbagai angkatan serta jurusan berbeda. Selain memperoleh berbagai pemahaman baru, mahasiswa yang berpartisipasi juga akan memperoleh sertifikat sebagai bentuk apresiasi keikutsertaan pada kegiatan seminar ini.

Untuk membuat seminar ini semakin efektif, panitia merancang seminar tersebut menjadi sebuah talkshow, sehingga mahasiswa dapat langsung berinteraksi secara aktif dengan pembicara. Pembicara dalam seminar ini tidak lain adalah Kak Sandra Salim yang merupakan Co-Founder serta COO dari Tutor Aja. Beliau menjelaskan tentang bagaimana cara suatu bisnis dapat beradaptasi dengan perubahan kondisi, serta mampu menyesuaikan segmentasi pasar yang berbeda-beda dengan penyebaran produk yang sama. Beliau juga menekankan strategi terpenting yang harus dimiliki oleh suatu bisnis untuk dapat bertahan dalam situasi ini. Dalam istilah pemasaran, strategi ini dikenal dengan sebutan keunggulan kompetitif (Competitive Advantage) yang merupakan nilai plus atau nilai unggul dari produk dalam suatu bisnis. Strategi inilah yang nantinya akan membedakan antara bisnis kita dengan bisnis lainnya, sehingga mampu menarik konsumen lebih banyak daripada pesaing. “Pahami masalah yang ingin diatasi, temukan target audience yang related dan memberikan solusi atas masalah tersebut,” pesan kak Sandra Salim kepada mahasiswa untuk merealisasikan keunggulan kompetitif dari suatu bisnis.

Seminar ini memberi banyak sekali manfaat kepada mahasiswa, salah satunya yang dirasakan oleh Yunius selaku mahasiswa dari jurusan Manajemen. “Melalui seminar ini, saya menjadi termotivasi untuk untuk tidak menunda-nunda tugas ataupun pekerjaan, karena semua harus terorganisir secara