Berita Utama

Mahasiswa TSM Salurkan Bantuan Hadapi Pandemi COVID-19

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19) dimana semua merasakan dampak dari pandemi Covid-19 umumnya oleh masyarakat luas, baik itu pengusaha, pegawai, pekerja pabrik, pekerja upah harian, para pengrajin, pedagang kecil, pelaku usaha mikro, dan masih banyak lagi.

Melihat kondisi tersebut, Trisakti School of Management (TSM) melalui unit kegiatan kemahasiswaan dan beberapa komunitas mengadakan kegiatan donasi untuk membantu masyarakat dalam menghadapi wabah ini dengan memberikan bantuan berupa APD, makanan, dan kebutuhan lain seperti handsanitizer ataupun masker yang dibutuhkan oleh masyarakat atau rumah sakit. Kebutuhan tersebut diperoleh dari uang yang telah dikumpulkan dari kegiatan donasi yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI), Galeri Investasi (Galvest), dan The Chill Comunity.

Hasil kegiatan donasi yang dilakukan oleh Galeri Investasi (Galvest) TSM akan disampaikan secara transparan di instagram @galvest_tsm. Donasi ini pun terbuka untuk umum dan tidak memberikan batasan nominalnya. Cara donasinya jika berupa uang tunai bisa disampaikan melalui contact person yang tertera di poster instagram mereka ataupun bisa menghubungi contact person dengan media Whatsapp atau LINE. Jika donasinya berbentuk barang, maka panitia akan menyesuaikan terlebih dahulu dengan tempat tinggal donator agar bisa dihubungkan ke anggota panitia yang rumahnya paling dekat, sehingga pengirimannya akan lebih mudah.

“Kalau target dana terkumpul sih ada. Kami menargetkan tercapai 15 juta kalau lebih ya bersyukur banget. Untuk barang sendiri kami tidak memasang target sih, kami menyesuaikan dana yang terkumpul aja. Dan sekarang kami juga terus melakukan seleksi supplier yang dapat dipercaya dengan harga yang paling terjangkau gitu.” tambah Vera.

 

 

Sedangkan kegiatan donasi yang dilakukan oleh UKKI dalam rangka melawan Covid-19 dengan membelikan APD untuk tenaga medis. “Uang hasil donasinya kita serahkan ke Sekolah Relawan selaku wadah untuk menyalurkan donasi tersebut.” ucap ketua UKKI, Aldi Yansah. Donasi dari UKKI ini juga terbuka untuk umum dan menggunakan sistem transfer ke rekening Contact Person yang ada di poster instagram UKKI. Penggalangan dana oleh UKKI ini dimulai dari tgl 23 Maret 2020 sampai 27 Maret 2020. “Alhamdulillah, setelah kemarin UKKI membuka donasi untuk membantu para tenaga kesehatan yang menangani covid-19, donasi telah terkumpul sebesar Rp 5.650.000,-” tambahnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Adapun komunitas yang bernama The Chill Community (The Caring, Humanity, Innovation, Love, and Live Community) dibentuk oleh sekelompok mahasiswa TSM. Mereka merupakan mahasiswa/i yang pada awalnya memiliki concern terhadap korban banjir yang terjadi diawal bulan Januari 2020. Hingga akhirnya mereka membentuk sebuah komunitas yang peduli dan memberikan bantuan melalui beberapa aksi positif.

The Chill Community mengadakan galang dana akan digunakan untuk membeli kebutuhan dan didonasikan untuk membantu tenaga medis dalam menangani Covid-19. “Kami melakukan survei dan menyadari bahwa di tiap rumah sakit masih terdapat kekurangan seeprti APD, handsanitizer, dan bahkan beberapa RS ada yang kekurangan bahan makanan. Jadi kami berinisiatif untuk membantu dengan penggalangan dana ini.” ucap salah satu panitia. Dalam waktu seminggu terkumpul dana sebesar Rp 3.670.000 dan hasilnya dibelikan Vitamin, Handsanitizer, Hand Soap, Susu, dan Biskuit.

Para panitia berharap dari kegiatan donasi ini dapat membantu mereka yang terkena dampak Covid-19 serta mendukung para tenaga medis dalam menangani pasien yang terinfeksi Covid-19. Para panitia dari kegiatan donasi ini juga berharap dan berdoa agar semua keadaan bisa kembali normal seperti sedia kala. Besar juga harapan mereka agar banyak pihak – pihak yang dapat tergerak hatinya untuk membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan – kegiatan seperti ini.