Berita Populer

Maksimalkan Potensi Diri saat Berkuliah dengan Program KIP-K!

Bantuan untuk berkuliah atau yang biasa akrab disebut beasiswa, tentunya menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Tidak hanya untuk meringankan beban orang tua, namun juga memberikan ruang bagi mereka untuk mengeksplorasi diri dengan lebih maksimal dalam dunia perkuliahan. Terdapat banyak sekali jenis bantuan perkuliahan yang ditawarkan bagi para calon mahasiswa, salah satunya adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah yang disebut KIP-Kuliah. Program ini dahulu dikenal dengan sebutan program Bidikmisi, namun mengalami perubahan nama menjadi KIP-Kuliah pada tahun 2020. KIP-K diperuntukkan bagi lulusan SMA/sederajat yang mempunyai potensi akademik yang baik tetapi mengalami keterbatasan ekonomi, serta memiliki kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Seperti bantuan pendidikan pada umumnya, tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima KIP-Kuliah. Dilansir dari https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, persyaratan yang perlu dipenuhi antara lain penerima KIP-Kuliah harus merupakan lulusan SMA/sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal 2 tahun sebelumnya, penerima KIP-K telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi secara resmi, memiliki potensi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi dengan pertimbangan khusus yang didukung oleh bukti dokumen yang sah. Keterbatasan ekonomi tersebut dibuktikan dengan dipegangnya Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), serta masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita jika berbicara mengenai keunggulan dari program bantuan yang satu ini. Benar, salah satu keunggulan yang paling khas adalah bantuan biaya hidup yang diberikan sesuai dengan perhitungan besaran indeks harga lokal dari masing-masing wilayah perguruan tinggi. Selain itu, yang sudah pasti ditanggung adalah biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi serta biaya selama kuliah.

“Awalnya saya mencari info-info tentang beasiswa, khususnya beasiswa yang terdapat di TSM karena TSM sudah menjadi kampus favorit saya sejak duduk di bangku SMK. Saya mendapat informasi beasiswa Bidikmisi dari postingan Instagram TSM. Keunggulan beasiswa Bidikmisi itu luar biasa banyak, beberapa diantaranya itu mungkin terkait biaya kuliah yang 100% di cover oleh pemerintah dan juga mendapat uang saku per semesternya. Sebagai penerima beasiswa, kami didorong untuk menjadi mahasiswa yang dapat berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kampus supaya menjadi bekal di dunia kerja nanti,” ujar Yohanes Roy selaku salah satu penerima bantuan Bidikmisi pada tahun 2019.

Ingin mengikuti jejak Yohanes Roy? Jika Anda bertekad untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan baik namun mengalami keterbatasan ekonomi, tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda dalam program bantuan kuliah KIP-K, dan jadilah salah satu bagian dari keluarga Trisakti School of Management! Kami tunggu kehadiran Anda! Salam Kampus Juara!

Back to list