Trisakti School of Management bukan hanya berfokus pada pendidikan saja, namun juga turut memperhatikan segala hal yang ada di belakang institusinya. Salah satu hal yang menjadi sebuah concern bagi TSM adalah bagian management. Terkenal sebagai institusi pendidikan di bidang Akuntansi dan Manajemen, menjadikan TSM memiliki sistem manajemen yang mumpuni, teratur, serta excellent.
Maka dari itu, berkaca dari sistem ini, TSM dengan perwakilan dari tim Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) TSM – Pak Klemens Wedanaji, diminta untuk membawakan sebuah pelatihan atau workshop singkat mengenai Managing Changes and Leadership di Hotel Anara Bandara. Pelatihan ini dilakukan pada tanggal 9 September 2022 yang dimulai dari pukul 08.00 sampai 12.30 WIB. Pihak Hotel Anara mengundang tim P3M untuk membina para sumber daya manusianya menjadi pribadi yang memiliki visi dan misi. Sebab terbilang sebagai hotel yang memiliki SDM dan manajer yang cukup baru, pihak hotel merasa perlu adanya sebuah manajerial up.
Manajer yang merupakan fondasi dari perusahaan diharuskan untuk memahami sisi-sisi perhotelan dan bagaimana cara mereka memotivasi para subordinate yang bergerak di bawah arahan mereka. Para manajer diharapkan dapat membina, mendorong, serta memotivasi para karyawan yang ada demi mencapai tujuan dari perusahaan. Diikuti oleh perubahan paradigma di industri perhotelan, hal ini turut melatarbelakangi terjadinya pelatihan ini. Baik mental, cara pandang, dan pelayanan di industri perhotelan berubah seiring terjadinya perubahan zaman, sehingga dibutuhkan adanya perubahan dari bagaimana para SDM perhotelan ini memandang industri dimana tempat mereka bekerja sekarang.
Harapan dari Pak Klemens, melalui kegiatan ini, TSM sebagai institusi pendidikan dapat menjadi partner dari Hotel Anara dalam melatih, membangun, dan memberdayakan sumber daya manusia mereka. Secara lebih khususnya, diharapkan agar level manajerial up di Hotel Anara dapat lebih memahami posisi, tanggung jawab, serta menyadari tantangan industri perhotelan ke depannya, sehingga Hotel Anara dapat maju, tumbuh, dan berkembang di masa yang akan datang. Selain itu, Pak Klemens juga berharap dari pelatihan yang ia berikan agar para internal di Hotel Anara dapat menjadi lebih solid, kuat, dan kompak. Perubahan utama yang diharapkan terjadi setelah adanya pelatihan ini adalah perubahan dari mindset SDM di Hotel Anara. Mereka harus sadar bahwa industri perhotelan sudah berubah, maka pendekatan-pendekatan yang ada harus ikut diubah mengikuti perkembangan yang ada.
Bagi Pak Klemens, Hotel Anara memberikan pengalaman berkesan dimana para peserta memiliki willingness yang luar biasa. Ketika mereka ikut serta, hal itu tercermin dari bagaimana cara mereka memperhatikan dan adanya tekad untuk berubah. Selain itu, hospitality yang diberikan oleh pihak Hotel Anara dinilai sangat bagus, humble, dan welcome dalam menyambut tim P3M TSM. Semoga dengan adanya pelatihan singkat ini, baik dari TSM dan Hotel Anara dapat terus membangun hubungan yang baik satu sama dengan yang lainnya. Don’t let the paradigm stop your path, but fight it, and follow the changes!