Berita Populer

Mari Mengenal Apa Itu Sertifikasi Manajemen Sumber Daya Manusia

Mari Mengenal Apa Itu Sertifikasi Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor primer yang dibutuhkan di dalam perusahaan. Dengan adanya sumber daya manusia yang mumpuni, akan membantu pengembangan dan kesuksesan dari suatu perusahaan. Trisakti School of Management selalu berusaha untuk melahirkan sumber daya manusia yang ahli dalam bidangnya. Hal ini terbukti dari segudang prestasi yang telah berhasil diraih oleh para mahasiswa/i TSM dan juga jajaran alumni yang ahli dalam bidangnya. Seiring dengan upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkredibilitas di bidangnya, TSM menyediakan berbagai fasilitas yang ikut menunjang upaya ini. Salah satunya adalah program-program sertifikasi yang disediakan oleh LPAM TSM. LPAM sendiri merupakan akronim dari Lembaga Pengembangan Akuntansi dan Manajemen, yang berada dibawah naungan TSM, dimana lembaga ini menyediakan sertifikasi untuk jurusan akuntansi dan manajemen.

Salah satu sertifikasi jurusan manajemen yang disediakan oleh LPAM untuk membantu upaya menciptakan SDM yang mumpuni adalah sertifikasi dengan konsentrasi Sumber Daya Manusia. Sertifikasi ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia – Human Capital Staff serta Manajemen Pelatihan & Pengembangan Sumber Daya Manusia. Sertifikasi Manajemen SDM sendiri merupakan sertifikasi dimana mahasiswa/i TSM mempelajari bagaimana sistem kompensasi dan berbagai jenis benefit yang bersifat langsung dan tidak langsung, seperti tunjangan, insentif, dan bonus yang nantinya akan menjadi nilai tambah pada mahasiswa/i TSM di dunia kerja.

Sertifikasi Manajemen SDM diperuntukkan bagi mereka yang merupakan mahasiswa/i TSM jurusan Manajemen, dengan konsentrasi Sumber Daya Manusia, dan sedang atau sudah lulus dari mata kuliah Manajemen Kompensasi, dengan nilai minimal C. Proses pengambilan sertifikasi ini tidaklah singkat, mahasiswa/i manajemen diharuskan untuk mengikuti pelatihan yang disediakan oleh LPAM di waktu yang sudah ditentukan. Saat ini, pelatihan yang diberikan masih berbentuk online via zoom meeting. Pelatihan ini sendiri bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam proses pengerjaan paper yang memakan waktu selama kurang lebih 4 sampai 5 hari dan diakhiri dengan Pra-Assessment dan Uji Kompetensi. Pada saat pengujian, mahasiswa/i akan diawasi oleh pihak penyelenggara melalui zoom meeting. Setelah para mahasiswa/i selesai melewati tahapan tersebut, barulah mereka dinyatakan lulus dan tersertifikasi atas kemampuan Manajemen SDM.

Lalu, bagaimana cara mendaftar sertifikasi Manajemen SDM? Pertama mahasiswa/i TSM harus mengetahui terlebih dahulu kapan jadwal sertifikasi ini akan dibuka. Dalam periode pendaftaran, mahasiswa/i TSM bisa melakukan login ke Simatris TSM lalu memilih bagian Tab Kegiatan, kemudian pilih Sertifikasi. Setelah itu, mahasiswa/i dapat memilih sertifikasi Manajamen SDM dan melakukan pendaftaran melalui kolom yang telah disediakan. Jika sudah melakukan pendaftaran, mahasiswa/i diharuskan untuk melanjutkannya ke proses pembayaran pada bagian Biaya Kuliah sesuai dengan nominal yang tercantum. Bila proses pembayaran sudah selesai dilakukan, mahasiswa/i hanya perlu menunggu waktu pelaksanaan sertifikasi.

Proses sertifikasi ini memang memakan cukup banyak waktu, namun terlepas dari waktu yang dihabiskan dan tenaga yang dikeluarkan, TSM menginginkan para mahasiswa/i-nya untuk berproses. Hal ini memberikan pembelajaran bahwa tidak ada hal yang instan untuk menjadi seorang sumber daya manusia yang berkredibilitas. Percayalah, proses yang dilalui dengan sungguh-sungguh ini tentunya akan menghasilkan kebanggaan tersendiri jika suatu individu berhasil untuk menyelesaikannya. Maka dari itu, apakah kalian tertarik untuk mengambil sertifikasi Manajemen SDM? Jika iya, selamat berjuang!