Berita Populer

Melatih Jiwa Organisasi Bersama Senat dan BPM

Melatih Jiwa Organisasi Bersama Senat dan BPM

Lingkungan menjadi tempat yang memiliki dampak besar atas tumbuh kembangnya perilaku suatu individu. Baik faktor internal maupun eksternal selalu memberikan input dan menghasilkan output yang berbeda-beda, semuanya tergantung dari bagaimana suatu individu melakukan sebuah proses penyesuaian dengan lingkungannya. Kebanyakan orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, semua ini tergantung dari proses yang dilaluinya. Lingkungan yang baik akan membantu suatu individu menjadi pribadi yang lebih baik lagi, namun lingkungan yang buruk dapat memberikan input yang buruk dan akan mempersulit proses yang dilalui oleh individu tersebut. Maka dari itu, Trisakti School of Management menaruh perhatian yang khusus terhadap pembinaan kegiatan para mahasiswa/i-nya.

Dalam rangka membangun lingkungan yang baik dan mendukung, TSM menyediakan berbagai fasilitas penunjang kegiatan-kegiatan positif. Salah satunya adalah organisasi kemahasiswaan yang menjadi wadah untuk mengasah kreativitas dan mengembangkan minat serta bakat dalam bidang keorganisasian. Organisasi mahasiswa ini mencakup segala bidang yang dapat membantu para mahasiswa/i dalam mengasah hard skill dan soft skill yang nantinya bisa diaplikasikan di dunia kerja. TSM sendiri mempunya dua organisasi kemahasiswaan yaitu Badan Perwakilan Mahasiswa STIE Trisakti (BPM) dan Senat Mahasiswa (SEMA). Lalu, sebenarnya apa tujuan dari kedua organisasi ini berdiri di TSM? Mari kita simak penjelasan berikut!

BPM merupakan organisasi yang beranggotakan perwakilan mahasiswa yang terdaftar di TSM dan masih menjadi mahasiswa aktif untuk satu tahun kepengurusan. Dalam tugasnya, BPM bertanggung jawab penuh dalam menjalankan fungsi pengawasan dalam pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan dalam seluruh program kerja oleh Senat Mahasiswa TSM (yudikatif) dan juga berwenang sebagai pembuat peraturan mengenai tata cara keorganisasian dan kegiatan di TSM (legislatif). Selain dari kedua tanggung jawab tersebut, BPM juga menjadi suatu wadah aspirasi mahasiswa kepada lembaga. Untuk susunan kepengurusannya, BPM terbagi menjadi satu komisi inti dan empat komisi yang terdiri dari komisi a, b, c, dan d. Masing-masing dari komisi tersebut saling berintegrasi dengan bidang-bidang yang ada di Senat Mahasiswa.

Kemudian, apa sebenarnya Senat Mahasiswa itu? Senat Mahasiswa atau yang bisa juga disebut sebagai SEMA adalah organisasi mahasiswa di TSM yang menjalankan fungsinya sebagai pihak yang bertugas untuk menjalankan program kerja (eksekutif). Senat Mahasiswa aktif dalam menjalankan program kerja di setiap periodenya dengan penuh tanggung jawab. Berbeda dengan BPM, kepengurusan Senat Mahasiswa terbagi menjadi BPH inti dan empat bidang yang terdiri dari masing-masing fokus yaitu; bidang satu berfokus pada keilmuan dan penalaran, bidang dua berfokus pada minat dan bakat, bidang tiga berfokus pada kesejahteraan dan kerohanian, serta terakhir bidang empat berfokus pada penelitian dan pengembangan. Masing-masing bidang inilah yang nantinya akan bertugas untuk membuat program kerja secara terpisah berdasarkan fokus bidangnya masing-masing. Dengan adanya program-program kerja yang ditawarkan oleh Senat Mahasiswa tentunya dapat meningkatkan skill baik dari sisi akademik maupun kreativitas para mahasiswa/i TSM. Selain dari program-program kerja yang diciptakan oleh Senat Mahasiswa, organisasi ini juga ikut berperan dalam menaungi berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa dan Unit Kegiatan Kerohanian di TSM. Sehingga, semua kegiatan terkait dengan kemahasiswaan di TSM tidak lepas dari pengawasan Senat Mahasiswa dan BPM.

Berpatokan dengan organisasi yang telah dibahas di atas, kedua organisasi inti inilah yang nantinya akan membantu pengembangan hard skill dan soft skill para mahasiswa/i TSM, baik dari segi komunikasi, kekompakan, integritas, tanggung jawab, dan lain-lain. Dengan adanya lingkungan mendukung yang diciptakan oleh TSM melalui organisasi BPM dan Senat Mahasiswa, tentunya memberikan peluang bagi para mahasiswa/i TSM untuk menentukan jalan bagi dirinya sendiri. Pemilihan organisasi menentukan lingkungan yang akan dipilih untuk kedepannya, lalu apakah kamu tertarik untuk memilih lingkunganmu sendiri? Tunggu apalagi? Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk berorganisasi ya!