Berita Populer

Memantapkan Karir Setelah Lulus Kuliah

Sebagai mahasiswa, tentunya sering dihadapkan dengan rasa khawatir yang berlebihan mengenai keberlangsungan kariernya setelah lulus kuliah, apalagi setelah menyadari ketatnya persaingan dunia kerja saat ini. Sebenarnya, kekhawatiran ini bisa diredakan dengan penyusunan strategi yang matang selama berada di bangku perkuliahan. Salah satu bentuk persiapan dalam menghadapi dunia karier ialah memilih konsentrasi jurusan yang tepat sesuai dengan minat dan kemampuan mahasiswa. Untuk memberikan gambaran jelas mengenai penjurusan di Trisakti School of Management, Senat Mahasiswa mengadakan Future Insight 2021 dengan menghadirkan alumni Trisakti School of Management yang berasal dari konsentrasi berbeda untuk setiap jurusan. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh bidang 4 Senat Mahasiswa dan mengangkat tema “Future, We Are Ready”.

Pada hari pertama, pembahasan dikhususkan untuk mahasiswa jurusan Manajemen, dimana narasumbernya tidak lain adalah Kak Yuvita Kusnadi, selaku Senior Human Resources (PT. Tokyu Land Indonesia), Kak Maitsa Nadhila, selaku Trade Analyst (Kementerian Perdagangan) dan Kak Ranita Ayu, selaku Business Development Analyst (Shopee). Sedangkan narasumber untuk hari kedua ialah Kak David Samudera, selaku Assurance Associate (KAP Big 4 Ernst & Young), Kak Prawira Yosef selaku Senior Tax (KAP big 4 Ernst & Young) dan Kak Tiara Izmiz selaku Treasure & Analyst (PT. Astra International) dari jurusan Akuntansi. Acara dibuka dengan kata sambutan yang disampaikan oleh perwakilan BAMA, BPM, Senat Mahasiswa dan Ketua Pelaksana. “Kami dari bidang 3 kemahasiswaan, tentunya sangat mendukung sekali Senat Mahasiswa, khususnya bidang 4. Saya juga mendapat pesan dari Ketua TSM, beliau sangat memberikan apresiasi terhadap acara ini dalam rangka memberikan gambaran sewaktu kakak-kakak alumni kuliah di TSM sampai dengan bekerja saat ini,” ujar Bapak Emir Kharismar, S.E., M.B.A., RSA., CRP., CFP.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi. Untuk membuat mahasiswa lebih yakin dalam menentukan jurusannya, Kak Maitsa Nadhila sebagai salah satu narasumber menjelaskan beberapa tahap yang ia lewati dalam menentukan pilihan jurusannya. Tahap pertama ialah mencari tahu lebih lanjut tentang seluruh konsentrasi. “Awalnya aku cari tahu tentang 3 konsentrasi yang ditawarkan, antara 3 penawaran ini kira-kira aku bakal belajar apa, kemudian aku melihat dari mata kuliah tersebut kira-kira mana yang menarik buat aku,” ujarnya. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa setiap jurusan pasti memiliki konsekuensinya masing-masing. Oleh karena itu, mahasiswa harus mempertimbangkan hal tersebut sebelum menentukan konsentrasinya agar tidak menyesal di kemudian hari,” tutur Kak Maitsa Nadhila

Setelah pemaparan materi usai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Adapun salah satu partisipan menanyakan tentang strategi implementasi yang dilakukan oleh Business Development Analyst. Pertanyaan tersebut langsung disikat oleh Kak Ranita Ayu yang kebetulan sedang bekerja dalam bidangnya. “Sebenarnya yang penting itu strategi, dalam Business Development Analyst kita banyak berkomunikasi dengan orang lain, sehingga kita harus bangun komunikasi yang baik dengan customer. Kita bisa memahami terlebih dahulu karakter mereka dan bagaimana cara memperlakukan mereka dengan baik,” jelasnya. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat secara simbolis kepada narasumber dan ditutup dengan sesi dokumentasi.

Begitulah keseruan acara Future Insight kali ini, semoga acara tersebut dapat dijadikan jembatan bagi mahasiswa Trisakti School of Management dalam memantapkan pilihan kariernya. Ingatlah, pemilihan konsentrasi tidak menutup segala peluang karier lainnya, namun melalui konsentrasi ini membantu kita untuk benar-benar menguasai salah satu keahlian. Akhir kata, sampai jumpa dalam acara selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *