Berita Populer

Membangun Keterampilan Kepemimpinan Melalui UKKB Leadership Camp 2023

Seperti yang kita ketahui, mengembangkan jenis keterampilan kepemimpinan kolaboratif dan dinamis itu penting dalam era pekerjaan saat ini. Tidak hanya saat bekerja, tetapi saat kita berkuliah pun keterampilan kepemimpinan juga dibutuhkan. Salah satu Unit Kegiatan Kerohanian TSM, yaitu Unit Kegiatan Kerohanian Buddha atau biasa disingkat sebagai UKKB, menyelenggarakan sebuah kegiatan yang disebut sebagai UKKB Leadership Camp (ULC) untuk mewujudkan keterampilan kepemimpinan tersebut. Kegiatan ini terselenggara beberapa minggu lalu, lebih tepatnya pada tanggal 13-15 Januari 2023. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini berlokasi di salah satu villa yang terletak di Jawa Barat. Tentunya kalian yang kini tengah membaca artikel ini pasti penasaran dengan kegiatan yang disebut sebagai ULC ini, bukan? Yuk, kita bahas tuntas kegiatan UKKB ini!

UKKB Leadership Camp (ULC) merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan oleh UKKB TSM. Namun,  pandemi COVID-19 memaksa UKKB untuk menghentikan kegiatan ini sementara waktu. ULC 2023 merupakan penyelenggaraan perdana setelah berhentinya kegiatan ini dalam 3 tahun terakhir. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini memiliki tema “Lead Yourself and Become a Great Leader”. Para peserta ULC sendiri terdiri dari seluruh anggota UKKB dan mahasiswa baru yang beragama Buddha. Seluruh anggota UKKB memiliki kewajiban untuk hadir. Namun, bagi para anggota UKKB yang berhalangan hadir, diperbolehkan dengan alasan yang jelas mengingat kegiatan ULC merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh anggota UKKB.

Membicarakan ULC ini, pastinya kegiatan rutin ini terselenggara karena memiliki maksud dan tujuan. Bercermin dari tema ULC sendiri, salah satu tujuan utama adanya kegiatan ini adalah sebagai wadah bagi para peserta untuk belajar tentang kepemimpinan seperti bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. Tidak hanya keterampilan kepemimpinan, melalui ULC ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri dalam membangun cara kerja tim dengan baik, serta belajar bagaimana membangun rasa percaya antar peserta.

Rundown untuk kegiatan selama 3 hari ini diawali dengan sharing dari seorang Bhante. Beliau membawakan sharing yang temanya pun sejalan dengan tema dari kegiatan ULC yaitu “Lead Yourself and Become a Great Leader”. Kegiatan pun dilanjutkan dengan sharing dari seorang motivator untuk memantapkan pengetahuan para peserta ULC terkait Leadership. Games tentunya tidak luput dari rundown kegiatan ULC ini, lho! Para panitia ULC sudah menyiapkan beberapa games yang dapat membuat para peserta bersenang-senang dan membangun kebersamaan. Namun, tentunya games ini masih merefleksikan tema ULC sehingga melalui games ini dapat membantu mengembangkan jiwa kepemimpinan para peserta.

Kegiatan malam hari yang harus selalu ada untuk membangun keakraban para peserta pun masuk ke list rundown kegiatan ULC, yaitu adanya api unggun yang diikuti dengan sharing antara para panitia dan peserta ULC. Lalu, terdapat kegiatan olahraga bersama dan diakhiri dengan kegiatan jurit malam yang dilalui oleh para peserta ULC. Kira-kira begitulah rangkuman kegiatan ULC tahun 2023 yang diselenggarakan oleh UKKB TSM. Dengan lancarnya kegiatan ULC, terlihat bagaimana UKKB TSM, terlebih mereka yang merupakan panitia kegiatan ini, dalam menyiapkan semua rundown kegiatan secara matang dan hati-hati. Selamat UKKB TSM atas suksesnya kegiatan ULC 2023! Ditunggu untuk kegiatan selanjutnya, ya!

Bagaimana menurut kalian tentang kegiatan ini?