Berita Populer

Membangun Personal Branding, Penting Tidak Sih?

Personal Branding sedang hangat-hangatnya diperbincangkan sejak teknologi terus berkembang. Terlebih lagi dengan hadirnya media-media sosial seperti Youtube, Tiktok, Instagram, dan yang lainnya. Personal Branding adalah proses membentuk dan memelihara persepsi individu di mata masyarakat. Namun, bagaimana sih membangun personal branding yang positif?  

       Nah, seminar Personal Branding 101 yang dibawakan oleh Ibu Merry Okta ini mengulik lebih dalam tentang personal branding. Seminar ini dilaksanakan pada Jumat, 1 September 2023 di Studio Lantai 2 yang dihadiri para mahasiswa Akuntansi dan juga Manajemen.

Ibu Merry Okta sebagai Brand Consultant WIR Group & Egghead membuka seminar dengan figur-figur publik yang cukup terkenal dengan branding dirinya. Hanya dengan menunjukkan jumlah subscribers dan foto gadget, para peserta secara serempak menjawab David GadgetIn. Hanya dengan foto matematika, para peserta juga serempak menjawab Jerome Polin. Hal ini menunjukkan seperti apa citra mereka di mata publik.

Sesi kali ini juga dimeriahkan dengan adanya games yang diselingi di tengah-tengah penyampaian materi. Ibu Merry meminta empat orang, yang mana 2 orang dari jurusan Akuntansi dan 2 orang dari jurusan Manajemen. Mereka diminta untuk mempromosikan handphone yang mereka miliki dengan gaya masing-masing. Dari keempat mahasiswa, cara promosi mereka berbeda-beda dan unik antara satu dengan yang lainnya. Ada yang mempromosikan berdasarkan prestige brand tersebut, ada pula yang menekankan kepada specs dan harga handphone.

Beliau menekankan, setiap orang itu berbeda, berbeda itu unik, hargai diri kita sendiri dan jadilah individu yang bervalue. Dengan pengalaman beliau di bidang ini, beliau memberikan tiga tips dalam personal branding:

  1. Find your gift : temukan keahlian dan pakai itu untuk membangun branding diri.
  2. Find your audience : audience seperti apa yang ingin ditargetkan.
  3. Build perception : persepsi apa yang ingin dibangun di depan audiences.

Dengan adanya seminar Personal Branding 101 ini, diharapkan para mahasiswa lebih tersadarkan bahwa personal branding sangatlah penting. Bak sebuah produk, manusia pun butuh branding yang baik. Seperti pepatah :” Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama.” Yuk, tunggu apa lagi? Mulai bangun personal branding kamu!