Berita Populer

Mengenal Lebih Jauh Tentang Unit Kegiatan Kerohanian Buddha (UKKB)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Unit Kegiatan Kerohanian Buddha (UKKB)

Trisakti School of Management (TSM) dikenal sebagai kampus juara yang memiliki berbagai pencapaian. Perlu Anda ketahui, bahwa dengan menyandang julukan kampus juara, tidak semerta-merta membuat TSM hanya berfokus pada kegiatan yang melibatkan potensi akademik, melainkan juga turut mendorong keaktifan mahasiswa dalam berbagai bidang di luar akademik dengan memfasilitasi mahasiswanya melalui organisasi dan unit kegiatan. Salah satunya seperti dalam bidang keagamaan yang disebut sebagai Unit Kegiatan Kerohanian (UKK). Terdapat berbagai bidang kerohanian di TSM, salah satunya yaitu Unit Kegiatan Kerohanian Buddha (UKKB) yang merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang kerohanian Buddha untuk memfasilitasi mahasiswa TSM yang beragama Buddha.

Adanya UKKB ini memberikan pencerahan tentang pentingnya bersosialisasi dengan sesama, terutama dengan sesama umat Buddha. Dibuktikan dengan adanya sesi sharing antara pengurus UKKB dan alumninya untuk memperkuat wawasan para anggota terkait pengetahuan agama Buddha itu sendiri. Dengan bertambahnya wawasan tentang dunia agama Buddha, maka akan semakin memperkuat iman dan wawasan tentang pengetahuan agama Buddha.  Mahasiswa TSM yang beragama Buddha pun akan menemui banyak teman-teman baru yang juga ingin menambah wawasan seputar ajaran Buddha. 

UKKB sendiri memiliki jadwal rutin pada setiap hari Jumat pukul 10.30-13.00 WIB. Pada jadwal rutin tersebut, selalu diselenggarakan kebaktian yang diikuti oleh para anggota UKKB. Dalam kebaktiannya pun yang memimpin adalah para anggota UKKB sendiri secara bergulir yang sudah ditentukan jadwalnya oleh pengurus UKKB. Hal ini tentunya menjadi sisi positif yang perlu dilestarikan, dimana UKKB memberikan kesempatan kepada seluruh anggotanya untuk merasakan bagaimana memimpin sebuah kebaktian.

Setelah sesi kebaktian berakhir, biasanya akan diadakan sesi ceramah. Pihak UKKB akan mengundang pihak eksternal sebagai pembicara untuk memberikan wejangan dhamma. Namun, di akhir sesi kebaktian tidak melulu diadakan sesi ceramah, tetapi juga diadakan sebuah games. Adanya games ini tentunya dapat memperkuat hubungan dan menambah kekompakan. Para anggota akan mendapatkan lebih dari sekadar teman untuk berinteraksi dalam keagamaan, tetapi juga teman untuk ‘seru-seruan’.

“Setelah menjadi bagian dari UKKB, saya dapat merasakan perubahan positif dalam diri  saya, di mana dengan mengikuti UKKB ini dapat membantu saya untuk memupuk karma baik,” ujar Wilson Halim, salah satu anggota UKKB. Wilson juga menambahkan bahwa di dalam UKKB, ia dapat memiliki kenalan baru yang tidak hanya sekedar teman sesama satu UKKB, namun ia juga merasakan adanya ikatan kekeluargaan di dalamnya. Para anggota yang saling terbuka satu sama lain menjadi salah satu faktor kedekatan yang menumbuhkan rasa kekeluargaan mereka.

Dari pemaparan diatas, menjelaskan bagaimana aktifnya UKKB dalam memupuk wawasan agama Buddha untuk para anggotanya. Bagi mahasiswa TSM yang beragama Buddha, sangat disarankan untuk bergabung menjadi bagian dari UKKB untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kemajuan organisasi beragama Buddha.  Jika Anda ingin mengetahui bagaimana keaktifan UKKB, Anda dapat melihat melalui sosial media Instagram (@kmb_dhammasena) yang banyak mengunggah kegiatan-kegiatan yang aktif mereka lakukan. Yuk, gabung menjadi keluarga UKKB!

Back to list