Berita Populer

Mengenal Pasar Modal Lebih Dekat Bersama Galvest TSM

Galeri Investasi sudah lama menjadi wadah bagi mahasiswa Trisakti School of Management untuk mempelajari seputar investasi. Disinilah tempat lahirnya calon-calon investor hebat yang akan menetapkan pilihan terbaik untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Imbal balik tersebut tentunya bukan merupakan sebuah keberuntungan semata, karena seorang investor biasanya sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk dapat berinvestasi di pasar modal, sehingga mampu menentukan pilihan yang tepat. Berbekal kesadaran mengenai pentingnya wawasan tentang pasar modal, Galeri Investasi TSM mengadakan webinar dengan mengangkat tema “Basic Knowledge About Capital Market”. Webinar tersebut juga merupakan salah satu rangkaian acara dari program kerja “GalVest Open House” yang bertemakan “Exploring The Marvelous Capital Market”. Acara ini terbuka untuk umum dan diselenggarakan melalui platform zoom.

Sebagai pembuka, adapun beberapa sambutan yang disampaikan, salah satunya Bapak Emir Kharismar, S.E., M.B.A, RSA, CRP., selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan, Beasiswa dan Alumni, serta dosen pembimbing 2 Galeri Investasi Trisakti School of Management. Dalam sambutannya, beliau berterima kasih kepada seluruh peserta yang sudah hadir, baik dari civitas akademika TSM, mahasiswa dari perguruan tinggi luar, maupun masyarakat umum. “Mudah-mudahan nanti bisa lebih mengoptimalkan lagi dalam hal capital gain. Tentunya harapan kita dapat megenal pasar modal, merasakan capital gain dan juga benefit-benefit lainnya di pasar modal Indonesia,” ujar beliau dalam sambutannya.

Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Pemaparan materi kali ini dibawakan langsung oleh mahasiswa Trisakti School of Management yang sudah profesional serta memiliki sejarah kemenangan dalam berbagai kompetisi pasar modal. Mahasiswa tersebut ialah Salvian Vernando selaku President of Galvest 2018/2019, Yesi Lestari selaku Vice President of Galvest 2018/2019, Valery Rafsa selaku President of Galvest 2019/2020, dan Aurellio Fadel Nugroho selaku Head of Galvest Finance Division 2019/2020.

Untuk menghindari kejenuhan para peserta, webinar tersebut dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Aurellio Fadel Nugroho dan Valery Rafsa. Dalam sesi tersebut, narasumber mengupas dengan jelas mengenai dasar-dasar capital market yang salah satunya memuat tentang beberapa pilihan produk investasi. Produk investasi terbagi menjadi 2 kategori yakni, Real Asset dan Financial Asset. “Investasi itu ngga selalu melulu saham, reksadana, emas dan segala macamnya. Saham, obligasi, reksadana itu namanya Financial Asset, jadi merupakan asset-aset keuangan yang kita sebenarnya ngga bisa lihat secara langsung,” jelas Aurellio Fadel Nugroho. Sebagai penutup sesi pertama, Valery Rafsa menambahkan bahwa, “Di dalam stock market itu kita berbicara tentang future forecasting not past, jadi menurut saya ini waktu yang tepat untuk teman-teman berinvestasi karena harganya belum menyentuh harga sebelum corona,” ujarnya.

Sesi kedua tentunya tidak kalah menarik dari sesi sebelumnya, karena sesi ini membahas sebuah tema kecil berkaitan dengan “Gaining Potential Stock” yang dijelaskan oleh Yesi Lestari dan Salvian Fernando. Dalam sesi ini, narasumber memperkenalkan metode “Canslim” yang dapat diterapkan jika ingin memilih saham potensial untuk dapat diinvestasikan dalam jangka panjang. “C dan A merupakan tinjauan dari segi kinerja perusahaan sebelumnya. N merupakan rencana perusahaan ke depannya seperti apa dan Slim merupakan tinjauan dari aktivitas bursa harian atau mingguan,” jelas Yesi Lestari dalam membedah makna dari suku kata metode tersebut. Sebagai penutup, Valery Rafsa memberikan kesimpulan bahwa “Metode ini sebenarnya bukan merupakan keharusan, tetapi hanya sebagai alat bantu teman-teman dalam menganalisa apakah saham ini baik dibeli atau ngga,” jelasnya.

Dalam setiap sesi, moderator juga membuka kesempatan kepada partisipan untuk bertanya. Setelah sesi tanya jawab selesai, moderator mempersilakan seluruh peserta menyalakan kameranya untuk sesi dokumentasi. Sebelum acara diakhiri, panitia mengadakan ice breaking agar membuat suasana lebih cair dengan menggunakan aplikasi kahoot. Dalam ice breaking ini, peserta berlomba-lomba untuk menjawab kuis dengan benar seputar materi yang telah disampaikan.

Begitulah keseruaan dari acara GalVest Open House, semoga kegiatan ini juga dapat mempererat tali persaudaraan antara pihak internal maupun eksternal, serta dapat membuka pandangan baru bagi seluruh partisipan dari materi yang telah disampaikan. Sampai bertemu di acara selanjutnya!