Berita Populer

Merintis Bisnis Tanpa Modal? Emangnya Bisa?

Keberadaan modal memang selalu menjadi penopang utama dari keberlangsungan suatu bisnis. Bahkan, banyak sekali calon pengusaha yang memilih untuk mundur dari dunia bisnis, hanya karena keterbatasan modal saja. Sebenarnya, jika seseorang mampu berpikir terbuka tentang kondisi dunia bisnis saat ini, kepemilikan modal bukanlah menjadi penghalangnya lagi. Ingatlah, saat ini kita telah berada dalam ruang lingkup yang serba modern, apalagi ditambah dengan kemunculan beberapa teknologi yang semakin canggih setiap harinya. Bisnis yang semula dijalankan secara offline kini telah beralih ke kancah online, terutama di saat kondisi pandemi ini. Oleh karena itu, untuk memberikan beberapa pemahaman tentang perintisan bisnis online, EDC TSM mengadakan webinar dengan mengangkat tema “Glow Up Your Online Business” yang dibawakan langsung oleh pakarnya, yakni Kak Florentia Jeanne selaku Founder Noonaku Signature.

Tanpa berlama-lama, acara langsung diawali dengan pemutaran video company profile yang memperkenalkan Noonaku Signature. Bisnis tersebut bergerak dalam bidang fashion wanita dan telah berdiri selama hampir 10 tahun lamanya. Dalam video ini, Kak Florentia menjelaskan secara singkat perjuangannya merintis Noonaku Signature. Perjalanan tersebut bermula dari keberaniannya menjadi seorang reseller yang kemudian memperoleh profit cukup besar, sehingga dapat digunakan untuk membuat brand sendiri. Setelah pemutaran video selesai, Ibu Denta Felli Ananda, S.E., M.B.A., CHRA. selaku moderator, mempersilakan narasumber untuk memaparkan materinya.

Untuk membuka pemikiran calon pengusaha muda, narasumber mengawali pemaparan materinya dengan menjelaskan berbagai argumen tentang alasan pemilihan bisnis online sebagai penunjang kehidupan. “Bisnis online itu sebenarnya sangat low cost, bahkan aku sendiri bisa memulainya tanpa modal sedikitpun. Selain itu, biaya operating-nya juga lebih murah, karena kita tidak ada biaya sewa kantor ataupun gaji karyawan,” jelasnya. Pada pertengahan materi, narasumber juga menjelaskan beberapa tahap dalam memulai bisnis online, salah satunya dengan menentukan produk yang ingin dijual. “Carilah produk yang kamu suka, dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam menjual barang yang disuka. Sebagai contoh, kamu suka skincare, tentu akan lebih mudah buat kamu menjual produk tersebut,” pesannya.

Pada akhir pemaparan materi, narasumber memberikan kejutan istimewa sebagai bentuk apresiasi kepada partisipan yang sudah mengikuti webinar tersebut hingga akhir. Kejutan ini berupa barcode shopping voucher gratis sebesar 10 ribu rupiah yang dapat digunakan kapanpun tanpa adanya minimal pembelanjaan. Setelah itu, moderator memberikan kesempatan bagi seluruh partisipan untuk bertanya. Sesi tanya jawab ini berlangsung dengan sangat seru karena hampir dari setengah partisipan berlomba-lomba mengajukan pertanyaan terbaiknya. Adapun salah satu partisipan menanyakan tentang cara memulai bisnis fashion pada era covid ini, karena pada dasarnya sebagian orang sekarang lebih mengutamakan kebutuhan primernya. “Fashion itu kan sebenarnya juga kebutuhan pangan, kalau kalian mengeluarkan pakaian pesta tentu jadi tidak relevan di era saat ini. Oleh karena itu, keluarkanlah produk yang relevan dengan kondisi sekarang, seperti pakaian set yang sedang hype banget,” jawab Kak Florentia untuk meyakinkan. Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada narasumber dan ditutup dengan sesi foto bersama untuk kebutuhan dokumentasi.

Begitulah keseruan perbincangan seputar bisnis online pada webinar kali ini, sekarang sudah semakin yakin kan untuk memulainya? Ingatlah wahai calon pengusaha muda, modal bukanlah menjadi penghalang dalam merintis usahamu! Tetap semangat dan jaga kesehatan!