Rabu, 30 Januari 2019

PEDULI TSM ATAS MUSIBAH KEBAKARAN TOMANG, GROGOL PETAMBURAN

News & Events

Senin dini hari tanggal 21 Januari 2019 pk. 02.59 WIB saat sebagian besar warga masih terlelap, telah terjadi kebakaran besar di Jalan Tomang Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Api bekobar dan menyebar ke rumah-rumah penduduk yang menjadi tempat tinggal dan tempat usaha. Rumah-rumah tersebut ada yang berbentuk permanen, semi permanen dan petak. Hanya ada jalan kecil atau gang untuk bisa mencapai ke dalam perumahan tersebut. Dengan bantuan 27 unit mobil Damkar dan 163 petugasnya berhasil memadamkan kobaran api pada pk. 09.33 WIB. Sampai saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak Polisi.

Dari 3 RW terdampak kebakaran, yaitu RW 11 terdapat 20 rumah terbakar yang terdiri dari 20 KK (130 jiwa), RW 14 ada 106 rumah terbakar terdiri dari 129 kk (570 jiwa) dan RW 15 terdapat 40 rumah terbakar terdiri dari 140 kk (500 jiwa), sehingga total terdapat 166 rumah terbakar yang terdiri dari 289 kk, 1200 jiwa (sumber kompas.com). Saat ini pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sosial sedang menyiapkan rumah tinggal sementara untuk para korban kebakaran sekaligus menyediakan makan, kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan sekolah korban kebakaran.

Selasa, 23 Januari 2019, P3M mencari informasi mengenai dampak musibah kebakaran melalui rekanan internal dan warga TSM yang menjadi korban. Selanjutnya tim TSM yang terdiri dari Pak Indra (Kepala P3M), Pak Klemens (Kabama), Pak Emir (Ketua Ikatan Alumni TSM) dan Pak Yudi (Kepala Otorita) melakukan survei lapangan. Menuju lokasi kebakaran dan bertemu dengan Ibu Sutisna (Ketua RT) dan Pak Asril (Ketua RW). Tampak dilokasi sudah cukup banyak Posko musibah kebakaran, diantaranya posko dari parpol, ormas, TNI/POLRI dan Pemkot DKI Jakarta.

Setelah koordinasi dan evaluasi hasil survei maka ditetapkan bentuk sumbangan berupa barang-barang kebutuhan pokok anak-anak sekolah dasar, berupa : seragam sekolah lengkap laki dan perempuan, alat tulis dan tas sekolah, dan ditambah baju layak pakai dan uang untuk warga terdampak. Penggalangan dana dimulai sampai dengan hari Jumat, 25 Januari 2019 dan Alhamdulillah mendapatkan donasi dari TSM, LPAM, IKA TSM dan SENAT/BPM serta civitas academica TSM. Pembelian dan pengepakan barang-barang bantuan dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu, 25-26 Januari 2019 yang dilakukan oleh P3M dan Pengurus Senat/BPM.

Senin, 29 Januari 2019 dengan dipandu oleh Bapak Ismail, Kepala Binmas Kelurahan Tomang, Tim TSM yang terdiri dari : Pak Arya (Ketua TSM), Pak Teguh (Wk III), Ibu Tita (Ka.LPAM), Pak Emir (Ka.IKA TSM), Pak Indra (Ka.P3M), Pak Klemens (Kabama), Pak Yudi (Ka.Otorita), Pak Mulyadi (Koord.Otorita), Pak Wasis (Sekr.P3M), Ketua Senat dan Pengurus Senat/BPM TSM serta Tim Humas menuju Kantor Kelurahan Tomang. Rombongan dan masing-masing bantuan dari TSM, LPAM, IKA TSM, Civa TSM dan Senat/BPM diterima oleh Ibu Tutik Ariyani sebagai Sekretaris Kelurahan Tomang, untuk selanjutnya disalurkan ke korban kebakaran. Perjalanan selanjutnya sebelum kembali menuju kampus adalah melihat lokasi terdampak kebakaran di jalan Tomang Utara. Semoga sumbangan ini bermanfaat dan dapat meringankan beban korban kebakaran, khususnya siswa-siswi SD, warga umumnya dan senantiasa diberikan kekuatan serta ketabahan oleh Allah SWT. Kepada TSM dan para donatur semoga mendapatkan pahala atas segala bantuan dan perhatiannya. Aamiin YRA. (wro/p3m/tomang/01/2019).