Berita Populer

Pentingnya Membangun Citra Diri yang Kuat

Apakah membangun personal branding itu penting? Banyak orang menganggap bahwa personal branding hanya diperlukan untuk orang yang memiliki bisnis saja. Namun, sebenarnya personal branding juga penting untuk mempromosikan diri dan membuat pengaruh agar masyarakat mengetahui dan percaya akan kemampuan yang kita miliki. Kalian ingin dikenal sebagai apa? Personal branding itulah yang menentukan bagaimana orang lain menggambarkan diri kita. Untuk mengulik lebih dalam mengenai personal branding sekaligus berbagi pengalaman dalam lomba bisnis, Indonesia Marketing Association (IMA) TSM menyelenggarakan acara Marketing Sharing Session #2 dengan mengundang Steven Yap, salah satu mahasiswa TSM angkatan 2018 dan tim Golden Slumber yang pernah menjuarai lomba bisnis nasional. Acara diawali dengan kata sambutan dari wakil ketua pelaksana. “Semoga ilmu yang didapatkan dari Marketing Sharing Session ini bisa bermanfaat bagi para peserta,” ujar Ang Willis Riswanto.

Personal branding adalah proses memasarkan diri dan karir sebagai merek. Tentunya ini sangat penting, apalagi kita sudah memasuki era digital, dimana tantangan bisnis tidak lagi sama dengan era sebelumnya. Bukan lagi sekadar seberapa ahli kemampuan kita dalam suatu bidang, melainkan seberapa besar kita mampu membangun citra diri yang kuat dan bagaimana kita mampu memasarkan kemampuan diri di sosial media. “Personal branding adalah proses dimana kita memberitahu kepada dunia siapa sih kita, apa yang bisa kita lakukan dan apa yang kita suka. Kalau kalian ingin membangun personal branding yang bagus, kalian harus punya sebuah keunikan yang pihak lain tidak miliki. Dengan keunikan ini, baru orang lain bisa cari kita,” ujar Steven Yap saat memaparkan materi pada sesi pertama. Kak Steven juga memberikan tujuh tips untuk membangun personal branding di sosial media yang tentunya sangat berguna bagi para peserta ke depannya.

Sesi kedua sharing dimulai dari sesi tanya jawab dengan tim Golden Slumber yang membagikan pengalaman mereka selama persiapan mengikuti lomba Business Case Competition. Tim Golden Slumber mengatakan bahwa hal terpenting dalam mengikuti perlombaan adalah kekompakan tim, karena tim yang saling mendukung akan memberikan energi positif selama perlombaan berlangsung. “Kalau kalian ingin ikut lomba, carilah tim yang bisa saling mendukung dan mendorong satu sama lain, supaya terjadi chemistry yang baik antar anggota tim. Dengan begitu, kerjasama dan proses diskusi yang terjalin juga enak dan tim jadi kompak,” jelas tim Golden Slumber. Pengalaman dan tips yang dibagikan oleh tim Golden Slumber ini dapat digunakan sebagai pembelajaran bagi para peserta lainnya yang tertarik untuk mengikuti perlombaan.

Acara sharing ini berlangsung dengan lancar dan membuka pikiran kita bahwa ternyata ilmu dalam dunia marketing itu sangat luas dan penting, khususnya pada era digital ini. Foto bersama menjadi sesi terakhir dari acara Marketing Sharing Session #2. Mulai saat ini, terapkan dan bangunlah kesan baik dan citra kuat yang menempel pada diri kalian untuk meningkatkan kualitas diri. Semoga seminar ini mampu menyadarkan para peserta akan pentingnya personal branding dan memberikan ilmu yang bermanfaat kepada para peserta. Sampai jumpa lagi di acara IMA yang selanjutnya!