Berita Populer

Penyesuaian Sektor Perpajakan Akibat Covid-19

Setelah hampir 1 tahun Covid-19 melanda tanah air, begitu banyak penyesuaian yang dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga stabilitas negara, mulai dari penerapan protokol kesehatan sampai berbagai kebijakan relaksasi bagi masyarakat. Hal ini bertujuan agar stabilisasi di berbagai sektor dapat terjaga dengan baik, sehingga bisa berjalan produktif dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Salah satu sektor yang mengalami perubahan ialah bidang perpajakan, dimana aturan mengenai wajib pajak disesuaikan lagi guna memudahkan individu atau badan usaha untuk menjalankan kewajibannya kepada negara di tengah pandemi ini. Untuk memahami penyesuaian tersebut, LPAM TSM mengadakan webinar dengan mengangkat tema “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perpajakan di Indonesia” yang dibawakan langsung oleh Bapak Agus Supriyanto, S.E. selaku product & services director of LM Farmasi, serta trainer of  BPSDM IKA UNPAD.

Dalam webinar tersebut, beliau menyampaikan bahwa penyebab pentingnya penyesuaian aturan perpajakan di Indonesia ialah karena sumber pendapatan negara sebesar 83.06% berasal dari penerimaan pajak. Selain itu, salah satu insentif relaksasi dalam bidang perpajakan adalah PPh Final UMKM DTP. “Melalui kebijakan ini, PPh Final UMKM tidak perlu disetor, namun ditanggung langsung oleh pemerintah dan pelaku usaha cukup membuat laporan saja. Selain itu, ada Pembebasan PPh 22 impor diberi fasilitas agar harga beli para pelaku usaha menjadi lebih murah dan mampu menjual dengan harga yang lebih bisa diserap oleh pasar,” jelasnya.

Walaupun dapat menurunkan penerimaan perpajakan, kebijakan tersebut diharapkan dapat mendorong perekonomian negara agar terus bertumbuh secara bertahap. Pertumbuhan ini bertujuan untuk memulihkan pendapatan setiap warga negara yang akhirnya bisa mengembalikan penerimaan perpajakan di masa mendatang.

Acara berlangsung dengan sangat seru dan interaktif, pihak penyelenggara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada narasumber yang sudah menyempatkan waktunya untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa/I TSM. Semoga materi pembelajaran yang diberikan dapat menambah wawasan mahasiswa, serta mampu memberikan manfaat sebanyak-banyaknya melalui aplikasi-aplikasi bidang perpajakan yang nantinya akan meningkatkan kualitas perpajakan di Indonesia.