Berita Populer

PKM TSM: Let’s Become The Next Leader!

PKM TSM: Let’s Become The Next Leader!

Menjadi seorang pemimpin mungkin terdengar sederhana. Namun, tidak semua orang bisa menjalankannya. Selagi Anda bersedia untuk belajar, hal ini tidaklah sulit. Dengan terus belajar dan mencoba, lama-kelamaan Anda akan memiliki value tersendiri di mata orang lain. Menyadari pentingnya leadership, Trisakti School of Management menyelenggarakan Pelatihan Leadership di SMA Methodist sebagai bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada 18 April 2022 dengan Dr. Aulia Danibrata, S.E., M.M. sebagai narasumber.

“Setiap orang memiliki ciri khas kepemimpinan yang berbeda-beda. Ada pemimpin yang hebat namun kurang mampu untuk mensinergikan kekuatan dari bawahannya, sehingga sulit untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus mempunyai visi dan misi ke depan yang merupakan cita-cita masa depan yang ingin dicapai. Tentunya, segala visi dan misi tersebut harus tetap melibatkan orang lain atau bawahan agar visi dan misi dapat tercapai”, ucap Bapak Dani yang sering disapa oleh rekan dosen dan mahasiswa.

Bagaimana cara pemimpin melibatkan orang lain atau bawahan? Tentunya dengan berupaya menanamkan pengaruhnya agar orang lain ikut termotivasi untuk bekerja. Tugas calon seorang pemimpin adalah menyukseskan diri sendiri, dan ketika sudah menjadi pemimpin, tugas pemimpin adalah menyukseskan orang lain agar kegiatan dapat terkoordinasi dengan baik. Pasti sulit untuk mengkoordinasikan setiap bawahan yang memiliki perbedaan pendapat, maka dari itu pemimpin harus dapat mencari keputusan yang tepat untuk semuanya. “Dari begitu banyaknya bawahan, membuat pemimpin tidak bisa memuaskan semua orang, karena itu pemimpin harus menimbang mana yang harus kita lakukan”, tambahnya.

Pak Dani juga memaparkan bagaimana membangun jiwa kepemimpinan dalam diri, yaitu percaya diri, antusias, kreatif, tanggung jawab, kerja sama, dan mampu menghadapi tantangan. Tidak hanya itu, pemimpin juga harus berintegritas, beretika, jujur, memiliki motivasi tinggi, serta selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Hal-hal tersebut sangat diperlukan sebagai pemimpin karena  menjadi faktor penentu keberhasilan dalam suatu organisasi.

Pelatihan yang dihadiri oleh 60 siswa/i SMA Methodist ini berlangsung dengan lancar. Semoga dengan adanya pelatihan ini, anak muda zaman sekarang bisa semakin sadar akan pentingnya kepemimpinan dalam kehidupan. Yuk, mulai sekarang teruslah belajar menjadi seorang pemimpin dan be the next leader for the next generation!

Back to list