Berita Populer

Pola Pikir Investor dalam Berinvestasi

Investasi adalah salah satu bidang yang sedang naik daun karena adanya pandemi Covid-19 ini. Pada 7 November 2020 lalu, Galeri Investasi TSM kembali mengadakan edukasi tentang Investor Mindset. Di awali dengan adanya edukasi mengenai pasar modal, lalu mulai berinvestasi, dan tetap beriman. Menurut Pak Haryajid selaku pembicara dan juga Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSP-PM), diperlukan edukasi yang mumpuni agar tidak terjebak dan sangat penting dalam bertahan di Pasar Modal. Tidak lupa juga, Beliau mengatakan bahwa selain keahlian yang dimiliki dalam berinvestasi, kita harus tetap jujur dan beriman dalam mengambil setiap kesempatan yang ada. Agar dapat sukses di masa depan, maka harus di persiapkan dengan sebaik-baiknya terutama dalam berinvestasi. Beliau juga mengatakan bahwa masa lalu adalah cerminan masa depan. Beliau juga berpesan bahwa kita harus mempunyai mimpi yang tinggi dan selalu berfikir positif.

Menurut Ketua LSP-PM ini, Waktu itu sangat berharga karena waktu memberi peluang untuk kompensasi. Secara waktu, investasi jangka panjang juga umumnya memberikan hasil yang lebih maksimal karena mempunyai fondasi yang kokoh untuk panen di waktu depan nanti. Investasi bisa dilakukan dimana saja dalam bentuk apa saja dengan yang terpenting adalah tingkat pengembaliannya. Ada beberapa konsep dasar investasi yaitu pengaruh waktu dan pilihan instrumen investasi, lalu Compounding, Risk and Reward, Rasional, dan diversifikasi. Di dalam pengaruh waktu dan pilihan investasi, bukan berarti karena panjangnya waktu, maka tidak mempunyai risiko. Sering kita lupakan bahwa tidak ada investasi tanpa risiko dan harus tetap diingat bahwa risiko yang tinggi akan berpotensi mempunyai pengembalian yang tinggi juga.

Mindset analyst sangatlah penting bukan hanya di dunia Investasi tetapi di berbagai profesi diperlukan mindset analyst ini agar kita mempunyai keunikan yang berbeda dengan pesaing atau competitor kita di dunia bisnis. Salah satunya seperti Cak Lontong yang menganalisa sebelum dia tampil dengan lawakannya, sehingga berbeda dari yang lain. Belajar menganalisa dapat dilakukan dengan membaca buku-buku, mengikuti seminar/pelatihan, sehingga kemampuan analisa ini dapat mendukung kita dalam berkarir di dunia profesional seperti Investment Banker, Fund manager, Accountant, Analyst, dan lain-lain.

Menurut Pak Haryajid, teman adalah aset yang berharga di masa muda karena akan menopang kita dalam membangun mindset yang baik. Ada 5 kunci kesuksesan juga yaitu IT, Finance, tetap belajar, ciptakan income lain, dan berinvestasi. “Don’t Complain, You Can Find Opportunities” adalah kata-kata dari Jack Ma yang dijadikan prinsip oleh Pak Haryajid. Semoga dengan seminar ini kita bisa selalu berfikir positif dan dapat melihat masalah menjadi solusi yang bisa membawa pada kehidupan yang lebih baik.