Berita Populer

Rayakan Imlek Bersama TSM

Imlek adalah tradisi perayaan tahun baru Tionghoa yang diperingati oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Imlek identik dengan warna merah dan buah jeruk yang melambangkan semangat serta keberuntungan. Imlek juga identik dengan kegiatan berbagi angpao, dimana dalam kegiatan tersebut terdapat doa, harapan, dan kebahagiaan. Tradisi imlek yang biasa dilakukan oleh masyarakat mulai dari sebelum hingga saat perayaan tiba antara lain membersihkan dan merapikan rumah, menyiapkan hidangan khas imlek, makan dan kumpul keluarga, sembahyang leluhur, berbagi angpao, serba-serbi berwarna merah, dan menyalakan petasan serta kembang api. Beberapa tahun ini, perayaan imlek yang dilakukan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana, seluruh kegiatan yang berlangsung dibatasi dengan jarak akibat pandemi Covid-19, terlebih adanya kasus Covid varian baru yaitu Omicron. Meski demikian, hal tersebut tidak menurunkan antusias masyarakat dalam menyambut tahun baru imlek.

Selain itu untuk memeriahkan perayaan imlek, TSM mengadakan acara “TSM Bagi-Bagi Angpao” via Instagram. Syarat untuk mengikutinya cukup mudah, yaitu mengikuti akun Instagram milik TSM, mengirim post TSM Bagi-Bagi Angpao ke story Instagram, menjawab pertanyaan, serta menandai teman di kolom komentar. Le Yuan, selaku salah satu UKM di TSM yang bernuansa Tionghoa, turut berpartisipasi dalam perayaan imlek dengan menyelenggarakan Mandarin Dubbing Competition dengan total hadiah jutaan rupiah. Informasi selengkapnya terkait perlombaan tersebut, dapat di akses di Instagram @leyuanmc.

“Imlek kali ini tentunya masih sama seperti tahun lalu, alias di rumah saja. Namun, tetap bersyukur karena masih bisa merayakannya dengan penuh sukacita bersama keluarga besar,” ujar Viona Chavelita, selaku mahasiswa TSM. “Gak nyangka bakal menang, karena ikut TSM Bagi-Bagi Angpao sendiri cuman iseng-iseng aja. Dengan adanya acara ini juga, hari Imlek menjadi tidak flat dan menunjukan adanya toleransi,” jelas Eric selaku salah satu pemenang TSM Bagi-Bagi Angpao.

Demikianlah perayaan imlek bersama TSM kali ini, stay safe, stay healthy, dan sampai jumpa pada perayaan selanjutnya.

Back to list